Bandung (ANTARA News) - Sebanyak 800 jemaah haji asal Kabupaten Bandung saat ini masih di Tanah Suci dan dalam persiapan menjelang pemulangan mereka ke tanaha air.

"Sekitar 800 jemaah haji masih di Tanah Suci, semuanya termasuk gelombang kedua dan sebagian besar di Madinah," kata petugas Urusan Haji Kantor Departemen Agama Kabupaten Bandung, Ishak Asnawi di Bandung, Senin.

Awing menyebutkan, jumlah jemaah haji yang sudah kembali ke tanah air sebanyak 2299 orang yang terdiri dari lima kloter utuh dan satu kloter gabungan.

Sedangkan kloter ke-7 Kabupaten Bandung atau kloter 57 Debarkasi Bekasi sebanyak 306 jemaah haji baru akan tiba Selasa (22/12) besok pukul 23.30 WIB.

Sedangkan sisanya Kloter 75 sebanyak 429 jemaah dan kloter 79 sebanyak 65 orang akan kembali ke tanah air pada 29 dan 30 Desember 2009.

"Proses pemulangan jemaah haji akan tuntas pada 30 Desember 2009 mendatang. Tahun ini Kabupaten Bandung memberangkatkan sembilan kloter, dimana empat kloter diantara gabungan dengan daerah lain," kata Ishak.

Hingga saat ini, kata dia, jumlah jemaah haji asal Kabupaten Bandung masih "utuh". Tidak ada satupun jemaah haji Kabupaten Bandung yang wafat di Tanah Suci.

"Alhamdulillah hingga saat ini jumlah jemaah haji masih utuh, diharapkan semuanya bisa kembali ke tanah air dengan selamat," kata Ishak.

Ishak yang juga salah seorang anggota TPHI di kloter 25 menyebutkan, secara umum pelaksanaan Ibadah Haji tahun ini berlangsung tertib dan tidak ada masalah berarti dihadapi oleh jemaah Kabupaten Bandung.

"Dari sisi pelaksanaan tahun ini cukup lancar, termasuk akomodasi dan saat penjadwalan lempar Jumroh. Semuanya berjalan lancar," kata Ishak.

Meski demikian, kata dia beberapa jemaah haji Kabupaten Bandung terpaksa dirawat karena sakit. Rata-rata mengalami radang tenggorokan.

"Uniknya sebagian besar terserang radang menjalang kepulangan ke tanah air," kata Ishak menambahkan. (*)

Editor: Ricka Oktaviandini
Copyright © ANTARA 2009