Balikpapan (ANTARA News) - Persiba Balikpapan mengalahkan lawannya Pelita Jaya Purwakarta 3-1 di Stadion Persiba, Rabu (6/10) sore. Gol-gol Persiba dicetak oleh gelandang Robertino Pugliara (penalti menit ke-59), Khairul Amri, dan Aldo Barreto.

Persiba mendapat hadiah tendangan penalti setelah Khairul Amri dijatuhkan di kotak terlarang oleh bek Pelita Ardan Aras.

Robertino yang melakukan eksekusi menendang bola keras ke kiri kiper I Made Kadek Wijaya yang juga telah terlanjur bergerak ke kanan, 1-0.

Menit ke-71, giliran striker Persiba Khairul Amri yang melesakkan bola ke gawang Pelita. Amri mendapat umpan lambung matang dari Aldo Baretto lalu melepaskan tembakan voli. Kiper Kadek yang sudah mati langkah tak mampu menjangkau bola, 2-0.

Gol ketiga diciptakan Aldo Barreto di menit ke-80. Ia mendapat umpan matang dari Dwi Joko dari sayap kanan lapangan.

Unggul 3-0, Persiba mengendurkan serangan yan g dengan segera dimanfaatkan Pelita. Striker Riyandi Ramadana mencetak gol di masa injury time, 3-1.

Pada babak pertama, Persiba terbawa irama permainan tim tamu yang sengaja bermain lambat. Bola hanya berputar-putar di lapangan tengah , dari tepi lapangan ke tepi lapangan . Selama 45 menit babak pertama, hanya terjadi 3 tembakan mengarah gawang.

Baru di babak kedua Persiba mengubah taktik. Permainan full menyerang dengan kecepatan tinggi ditampilkan setelah Pelatih Junaidi menarik gelandang Kim Yoong He dan memasukkan striker Eki Nurhakim. Persiba pun bermain dengan 3 ujung tombak di depan.

Hasilnya, barisan pertahanan Pelita bekerja ekstra keras untuk menghalau gelombang serangan lawan. Kiper Kadek tercatat melakukan sekurangnya lima penyelamatan yang semestinya menjadi gol, baik dari tendangan atau sundulan Amri ataupun Aldo Baretto.

Gol akhirnya terjadi juga meski diawali dengan penalti.

Pertandingan dipimpin oleh Wasit Jimmy Napitupulu dari Jakarta. Wasit mengeluarkan dua kartu kuning dalam pertandingan ini, masing-masing untuk Asri Akbar dari Persiba dan Engelbert dari Pelita.

Dengan kemenangan ini Persiba kini mencatatkan nilai lima, hasil sekali menang dan dua kali seri. Lawan Persiba berikutnya adalah Semen Padang yang akan dijamu Sabtu.  (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010