Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyemarakkan Idul Adha 1442 H lewat acara bertajuk 'Konser Amal Kemanusiaan', secara daring di kanal YouTube BAZNAS TV, pada Selasa (20/7) pukul 16.30-21.00 WIB. Melalui acara ini, BAZNAS mengajak masyarakat turut menyukseskan Kurban Online BAZNAS guna memberdayakan peternak dan membantu penguatan gizi mustahik lewat daging yang disalurkan.

Kurban Online BAZNAS masih akan membuka layanan berkurban bagi para mudhohi hingga Kamis, 22 Juli 2021, pukul 12.00 WIB.

Dalam acara ini BAZNAS juga mengajak masyarakat untuk membantu mereka yang terdampak Covid-19. Hal ini merupakan bentuk kepedulian BAZNAS terhadap penanggulangan pandemi Covid-19 yang masih melanda di Indonesia.

Acara diisi sejumlah musisi, di antaranya Sabyan Gambus, Veve Zulfikar, Nabila Maharani, Rahmania Astrini, Andien Aisyah, Alika Islamadina, dan Woro Widowati. Selain itu juga akan diisi doa bersama yang dipandu Ustaz Taufiqurrahman dan mini talkshow oleh Agseisa Galuh.

"Melalui konser online ini BAZNAS mengajak masyarakat menyemarakkan Idul Adha yang untuk tahun kedua berlangsung di tengah Pandemi Covid-19. Tahun ini BAZNAS menginisiasi Kurban Online BAZNAS seperti tahun-tahun sebelumnya, memberdayakan peternak di desa serta dagingnya dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama di desa," kata Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, M.A., di Jakarta, Selasa (20/7).

Dengan Kurban Online BAZNAS, maka pelaksanaan kurban menjadi lebih aman dan tepat sasaran, terlebih di masa pandemi seperti sekarang yang menganjurkan untuk tidak berkeruman dan mengurangi mobilitas. "Pada kurban tahun ini BAZNAS mengemas daging kurban dalam kemasan kaleng, yang akan memudahkan dalam proses penyaluran dan tahan lama. Jadi bisa dimanfaatkan penduduk terluar atau korban bencana," ujar Noor.

"Tak hanya itu, BAZNAS juga memfasilitasi masyarakat untuk berdonasi bersama guna membantu penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. Acara ini sekaligus memberi hiburan kepada masyarakat secara digital, agar menonton konser amal ini di rumah saja, dan menghindari kerumunan," katanya.

Berbagai donasi yang disalurkan akan sangat berguna dalam mendukung delapan program darurat BAZNAS menanggulangi Covid-19. Noor menjelaskan, delapan program darurat itu di antaranya, bantuan paket penggali kubur, bantuan paket pemulasaraan jenazah untuk penyintas Covid-19; dukungan paket ruang isolasi di Rusunawa Nagrak Cilincing; oksigen bagi faskes di Jabodetabek; bantuan APD penggali kubur untuk pemakaman pasien Covid-19; bantuan pemulasaraan jenazah isolasi mandiri; bantuan paket imun untuk nakes, mustahik penyintas Covid-19, sopir ambulans; dan bantuan tenda darurat untuk faskes se-Jabodetabek dalam upayanya membantu pasien.

Delapan program darurat inisiasi BAZNAS akan lebih maksimal jika dilakukan secara bergotong royong. Maka BAZNAS mengajak masyarakat untuk berdonasi dan bahu membahu agar bersama bisa secepatnya keluar dari krisis akibat pandemi. Imbas pandemi Covid-19 ini sangat dirasakan hingga ke berbagai aspek kehidupan.

Pada kesempatan ini Noor menyampaikan terima kasihnya kepada masyarakat yang telah berdonasi dan seluruh pihak yang terlibat dalam acara ini, sembari berharap Indonesia bisa secepatnya keluar dari pandemi yang telah melanda.

"Kami ucapkan banyak terima kasih dan kami ucapkan Selamat Idul Adha, mudah-mudahan kita semuanya sehat semuanya kita semuanya terbebas dari Covid, dan insya Allah kita semuanya mendapatkan berkah dari Idul Adha ini. Mudah-mudahan yang terlibat dalam konser ini juga mendapatkan berkah dari Allah subhanahu wa ta'ala," pungkasnya.

Untuk mendukung peran BAZNAS dalam menanggulangi pandemi, masyarakat bisa menyalurkan donasinya melalui link https://baznas.go.id/dompetbencanadankemanusiaan serta bisa juga melalui transfer ke BNI Syariah (BSI) 090.000.5574 atau BCA 686.073.7777 an. Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2021