Namun, kami menyadari klaim bahwa ada masalah terkait hak cipta, tetapi meskipun demikian, hak musik tetap menjadi milik 'Butter'
Jakarta (ANTARA) - Agensi grup idola K-pop BTS, Big Hit Music mengeluarkan pernyataan tentang masalah hak cipta dari lagu "Butter" yang dianggap mirip dengan "You Got Me Down" milik Luca Debonaire dari tahun 2020.

Sebelumnya, muncul di forum daring bahwa sebagian dari "Butter" memiliki melodi yang sama dengan "You Got Me Down". Debonaire berbagi melalui media sosial bahwa dia membeli topline pada tahun 2019 dari Sebastian Garcia, yang juga dikreditkan sebagai komposer pada "Butter."

Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang potensi masalah hak cipta dengan penulis lagu Sebastian Garcia yang memiliki topline yang sama dan digunakan dalam dua lagu terpisah.

Baca juga: BTS "Butter" kuasai Billboard Hot 100 dalam tujuh pekan

Menanggapi hal tersebut, Big Hit Music pun langsung memberikan pernyataan resminya dan mengatakan tidak ada masalah mengenai hak cipta terkait lagu "Butter".

"Ini adalah lagu yang telah diselesaikan dan dirilis setelah menjalani proses konfirmasi dengan semua penulis lagu bahwa tidak ada masalah dengan lagu tersebut, dan juga tidak ada masalah saat ini terkait dengan hak lagu tersebut," ujar Big Hit Music dilansir Soompi pada Jumat.

"Namun, kami menyadari klaim bahwa ada masalah terkait hak cipta, tetapi meskipun demikian, hak musik tetap menjadi milik 'Butter'," imbuh Big Hit Music.

Sementara itu, BTS akan merilis versi remix dari "Permission to Dance" hari ini. Big Hit Music mengumumkan di WeVerse bahwa akan ada versi R&B remix dari lagu tersebut.

Versi R&B remix ini digambarkan sebagai sebuah lagu dengan sensibilitas khas tahun 1990-an, di mana minim suara synth sehingga akan membuat pendengar lebih fokus pada vokal.

"Permission to Dance" baru-baru ini membuat sejarah bagi BTS ketika melampaui hit grup sebelumnya "Butter" untuk posisi No. 1 di Billboard's Hot 100. Lagu ini juga menyapu tangga lagu Gaon dan Oricon dan sekarang telah memenangkan tiga acara musik.

Baca juga: BTS umumkan "Permission to Dance Challenge" di YouTube Shorts

Baca juga: Benarkah BTS berkolaborasi dengan Coldplay?

Baca juga: BTS rilis CD khusus untuk lagu "Butter"

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021