Artikel

Talenta NBA persengit persaingan basket Olimpiade Tokyo

Oleh Muhammad Ramdan

Talenta NBA persengit persaingan basket Olimpiade Tokyo

Pemain Tim USA Draymond Green membuat steal dari pemain Spanyol Ricky Rubio dalam pertandingan eksibisi di Michelob ULTRA Arena di Las Vegas, Nevada, menjelang Olimpiade Tokyo pada 18 Juli 2021. (Getty Images via AFP/ETHAN MILLER)

Jakarta (ANTARA) - Persaingan sengit dan menarik diprediksi terjadi pada cabang olahraga basket menyusul talenta berbakat NBA dipastikan hadir membela negara masing-masing dalam Olimpiade Tokyo yang bergulir di Saitama Super Arena mulai 25 Juli hingga 7 Agutus.

Diawali dengan babak penyisihan grup, 12 tim dibagi ke dalam tiga grup (A, B, dan C), bukan dua grup seperti pada Olimpiade edisi-edisi sebelumnya.

Setiap grup berisikan empat negara. Sebelumnya untuk bisa meraih medali emas, peserta harus melakoni delapan pertandingan. Kali ini, negara peserta hanya cukup bertanding enam kali untuk menjadi juara.

Mengutip laman NBA, Jumat, babak penyisihan grup akan berlangsung dengan format setengah kompetisi. Dua tim teratas dari masing-masing grup berhak melaju ke fase gugur yang meliputi perempat final, semifinal, pertandingan perebutan medali emas,dan perunggu.

Tim dari grup yang sama tidak dapat saling berhadapan pada babak delapan besar. Berikut rincian pembagian dan persaingan fase penyisihan serta talenta-talenta NBA yang tampil pada Olimpiade Tokyo.

Baca juga: Azzahra, gadis milenial Pekanbaru kejar prestasi di Olimpiade Tokyo

Grup A: Iran, Prancis, Amerika Serikat, dan Republik Ceko

Dari empat tim yang bersaing di Grup A, Amerika Serikat adalah yang terkuat. Deretan talenta berbakat NBA mengisi skuad Negeri Paman Sam.

Sebut saja Bam Adebayo dari Miami Heat, Devin Booker (Phoenix Suns), Kevin Durant (Brooklyn Nets), dan Jerami Grant (Detroit Pistons).

Tim yang dikomadoi pelatih berpengalaman Gregg Popovich itu juga akan diperkuat Draymond Green (Golden State Warriors), Zach LaVine (Chicago Bulls), Damian Lillard (Portland Trail Blazers), dan Jayson Tatum (Boston Celtics).

Hadir pula dua bintang Final NBA yang sukses membawa Milwaukee Bucks juara yakni Jrue Holiday dan Khris Middleton.

Selain itu, skuad Amerika Serikat dilengkapi JaVale McGee (Denver Nuggets) yang menggantikan Kevin Love yang masih dalam pemulihan dari cedera betis kanan.

Baca juga: Kaisar Jepang bertemu ibu negara AS sebelum pembukaan Olimpiade

Lalu, Keldon Johnson (San Antonio Spurs) yang tampil di Tokyo untuk menggantikan Bradley Beal, yang terpaksa meninggalkan tim karena terkait protokol kesehatan.

Tak hanya Amerika Serikat, tim Prancis juga memiliki deretan pemain NBA lainnya seperti Rudy Gobert (Utah Jazz), Nicolas Batum (Los Angeles Clippers), Evan Fournier (Boston Celtics), dan Timothe Luwawu-Cabarrot (Brooklyn Nets).

Selain itu, hadir pula dua mantan pemain NBA Guerschon Yabusele dan Vincent Poirier.

Sementara Republik Ceko mempunyai satu pemain NBA dalam skuadnya yakni Tomas Satoransky dari Chicago Bulls. Di Grup A, hanya Iran yang tak memiliki pemain yang bermain di NBA.

Grup B: Australia, Jerman, Italia, Nigeria

Grup B bertabur pemain NBA. Setiap tim setidaknya memiliki pemain yang bersaing dalam kompetisi basket paling disegani di dunia tersebut.

Baca juga: Greysia/Apriyani tak mau ulangi kekalahan dari Chow/Lee

Australia memiliki pemain berpengalaman termasuk Aron Baynes (Toronto Raptors), Dante Exum (Cleveland Cavaliers), Joe Ingles (Utah Jazz), Patty Mills (San Antonio Spurs), dan Matisse Thybulle (Philadelphia 76ers).

Selain itu, Negeri Kanguru juga diperkuat mantan pemain NBA, Matthew Dellavedova. Juga ada Jock Landdale yang berpengalaman dalam Summer League NBA.

Australia menjadi tim yang diperhitungkan di Grup B setelah mempermalukan Amerika Serikat pada pertandingan eksibisi dengan skor 91-83 di Las Vegas pada 13 Juli.

Grup B juga diisi Nigeria yang juga mengalahkan Amerika Serikat 90-87 pada laga eksibisi 11 Juli.

Nigeria memiliki sederet pemain NBA seperti Chimezie Metu (Sacramento Kings), Jordan Nwora (Milwaukee Bucks), Jahlil Okafor (Detroit Pistons), Josh Okogie (Minnesota Timberwolves), dan Miye Oni (Utah Jazz).

Baca juga: Rosan Roeslani: Lakukan yang terbaik demi Merah Putih

Selain itu juga ada tiga pemain Miami Heat: Gabe Vincent, Precious Achiuwa, dan KZ Okpala.

Sementara Jerman akan diperkuat Isaac Bonga (Washington Wizards) dan Moritz Wagner (Orlando Magic).

Italia tak mau kalah. Negeri Pizza akan hadir dengan deretan pemain andalan seperti Nico Mannion (Golden State Warriors) dan Danilo Gallinari (Atlanta Hawks). Mereka akan lebih percaya diri dengan diperkuat mantan pemain NBA Nicolo Melli.

Grup C: Argentina, Jepang, Slovenia, Spanyol

Spanyol menjadi tim terbanyak yang diperkuat pemain NBA di Grup C. Negeri Matador punya Marc Gasol (Los Angeles Lakers), Willy Hernangomez (New Orleans Pelicans), serta Ricky Rubio dan Juancho Hernangomez dari Minnesota Timberwolves. Mantan bintang NBA Pau Gasol yang sarat  pengalaman juga masuk daftar tersebut.

Baca juga: Panahan Indonesia lolos nomor beregu campuran Olimpiade Tokyo

Di sisi lain, Argentina juga mempunyai pemain NBA. Facundo Campazzo (Denver Nuggets), Gabriel Deck (Oklahoma City Thunder), dan Luca Vildoza (New York Knicks) bakal berjuang lolos dari fase grup.

Argentina juga diperkuat mantan pemain NBA Luis Scola yang akan bermain di Olimpiade untuk kali ketiga.

Slovenia akan dipimpin oleh bintang Dallas Mavericks Luka Doncic yang tampil dominan dalam Turnamen Kualifikasi Olimpiade termasuk membuat triple-double dalam final melawan Lithuania.

Selain itu ada pula pemain Denver Nuggets Vlatko Cancar yang masuk daftar pemain Slovenia.

Jepang hadir di Grup C. Sebagai tuan, Jepang tak ingin hadir sebagai pelengkap. Mereka memiliki dua talenta NBA pada forward Washington Wizards Rui Hachimura dan pemain Toronto Raptors Yuta Watanabe. Keduanya diharapkan mempersembahkan penampilan terbaik sehingga mampu bersaing dengan tim-tim kuat lainnya.

Baca juga: Rio Waida bangga menjadi pembawa Merah Putih di "rumah kedua"

Oleh Muhammad Ramdan
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021

KONI: PON XX Papua berkaca pada Olimpiade Tokyo 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar