Taman Margasatwa Ragunan optimalkan wisata virtual selama PPKM

Taman Margasatwa Ragunan optimalkan wisata virtual selama PPKM

Sejumlah warga berada di halte kawasan Taman Margasatwa Ragunan yang ditutup operasionalnya di Jakarta, beberapa waktu lalu. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.

Jakarta (ANTARA) - Pengelola Taman Margasatwa Ragunan Jakarta Selatan mengoptimalkan wisata virtual bagi masyarakat melalui siaran langsung media sosial (Instagram) selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Staf Pelayanan Informasi dan Kehumasan Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang mengatakan bahwa pihaknya melakukan hal itu agar para pengunjung tetap dapat menikmati wisata satwa selama PPKM Level 4 yang berlangsung hingga 25 Juli 2021 ini.

Baca juga: Taman Margasatwa Ragunan tutup sementara

“Selama pandemi atau PPKM saat ini kita tetap terbuka dan mengadakan kegiatan untuk mengobati kerinduan pengunjung dengan live Instagram setiap minggunya. Jadwalnya tidak tentu ya, kadang hari Rabu atau Jumat atau hari lainnya,” kata Wahyudi Bambang di Jakarta, Minggu.

Selain untuk "mengobati" kerinduan, Bambang menjelaskan kegiatan ini juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar lebih mengetahui jenis satwa yang ada di Taman Margasatwa Ragunan.

Live Instagram dilakukan bersama dengan satwanya yang saling berinteraksi dengan tim. Yang jelas kita mengupas satwanya, nanti ada hostnya disertakan perawat satwanya. Lalu bagi mereka yang ingin lebih tahu mengenai satwanya kita terima pertanyaan langsung lewat kolom komentar,” ujar Bambang.

Baca juga: Taman Margasatwa Ragunan batasi kapasitas kunjungan 50 persen

Selama PPKM, pihak pengelola Ragunan tidak membuka pelayanan tatap muka termasuk wisatawan yang ingin berkunjung.

Karena itu bagi pengunjung yang ingin berinteraksi, disarankan untuk selalu memantau akun sosial media Taman Margasatwa Ragunan karena jadwal dan informasi seputar Ragunan akan disampaikan melalui media tersebut.

“Jadi memang selama pembatasan ini kita hanya melakukan pelayanan pengunjung lewat media sosial. Dan tidak ada satu pun wisatawan yang diperbolehkan memasuki areal kebun Margasatwa Ragunan,” tutur dia.

Bambang pun mengaku pihaknya akan membuka pelayanan secara langsung apabila ada instruksi dari pemerintah yang tidak memperpanjang pembatasan mobilitas.

Baca juga: Ragunan dikunjungi 17.650 wisatawan saat libur Hari Lahir Pancasila

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Wajib KTP DKI, 17 ribu pengunjung padati Taman Margasatwa Ragunan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar