Jakarta (ANTARA) - Brazil lolos ke perempatfinal sebagai juara grup setelah menang secara meyakinkan 3-1 atas Arab Saudi dalam pertandingan terakhir Grup D Olimpiade Tokyo 2020 di Saitama Stadium, Rabu.

Menurut catatan laman resmi Olimpiade Tokyo 2020, pertandingan baru berjalan 14 menit, Tim Samba sudah berhasil membuka keunggulan melalui sundulan Matheus Cunha. Skor 1-0 untuk Brazil.

Keunggulan tersebut membuat Brazil semakin percaya diri dan mereka terus menekan Arab Saudi, tetapi beberapa peluang yang tercipta gagal menjadi gol.

Justru gawang mereka harus kebobolan pada menit ke-27. Bermula dari tendangan bebas Salman Al Faraj yang diteruskan dengan sundulan jarak dekat Abdulelah Al Amri yang masuk ke gawang kiper Brazil, Santos. Skor imbang 1-1.

Tidak ada gol tambahan hingga wasit mengakhiri babak pertama.

Memulai babak kedua, Brazil tetap memainkan gaya bermain menyerang mereka dengan mengandalkan penguasaan bola dan tekanan. Beberapa peluang bisa tercipta, tetapi belum memberikan hasil.

Baru pada menit ke-76, Brazil bisa menambah keunggulan lewat sundulan Richarlison usai menerima umpan dari Bruno Guimaraes. Kedudukan menjadi 2-1 untuk Brazil.

Richarlison nyaris mencatatkan namanya untuk kedua kali di papan skor. Namun, golnya pada menit ke-90 dianulir wasit karena dia sudah berada dalam posisi offside.

Brazil terus mengurung pertahanan Arab Saudi dalam upaya menambah keunggulan. Pada menit ke-90+4, Richarlison mencetak gol keduanya usai menerima operan dari Reiner.

Skor 3-1 menjadi hasil akhir pertandingan ini. Brazil sukses melaju ke perempatfinal Olimpiade Tokyo 2020 dengan status juara Grup D.

Susunan Pemain:

Arab Saudi: Ameen Al-Bukhari; Abdulelah Al-Amri, Abdulbasit Hindi, Khalifah Al-Dawsari, Yaseer Al-Shahrani, Saud Abdulhamid, Salman Al-Faraj (Nasser Al Omran 89'), Ali Al-Hassan (Mukhtar Ali 61'), Salem Al-Dawsari (Khalid Al Ghannam 89'), Sami Al-Najei (Abdulrahman Ghareeb 61'), Abdullah Al-Hamddan.

Brazil: Santos; Diego Carlos, Nino, Guilherme Arana, Dani Alves, Matheus Cunha (Gabriel Martinelli 87'), Bruno Guimaraes (Gabriel Menino 86'), Matheus Henrique, Richarlison, Claudinho (Reiner 71'), Antony (Malcom 46').

Baca juga: Jerman gagal lolos ke perempatfinal usai diimbangi Pantai Gading 1-1
Baca juga: Jadwal Olimpiade sepak bola putra: Tim-tim besar masih belum aman
Baca juga: Swedia puncaki grup G usai kalahkan Selandia Baru 2-0
Baca juga: Hasil Olimpiade sepak bola putra: Jerman dan Prancis menang dramatis


 

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021