Olimpiade

Tim putri Amerika Serikat sabet emas Olimpiade perdana basket 3x3

Tim putri Amerika Serikat sabet emas Olimpiade perdana basket 3x3

Pebasket Amerika Serikat Kelsey Plum (kedua kanan) berusaha melewati hadangan pemain ROC/Rusia Yulia Kozik dalam pertandingan perebutan medali emas bola basket 3x3 putri Olimpiade Tokyo 2020 di Aomi Urban Sports Park, Tokyo, Jepang, Rabu (28/7/2021). ANTARA/REUTERS/Andrew Boyers/aa.

Jakarta (ANTARA) - Tim putri Amerika Serikat menyabet medali emas bola basket 3x3 yang untuk pertama kalinya dipertandingkan di tingkat Olimpiade, seusai menundukkan ROC/Rusia 18-15 dalam partai final Olimpiade Tokyo 2020 di Aomi Urban Sports Park, Rabu.

Stephanie Dolson jadi penyumbang angka terbanyak dengan tujuh poin untuk Amerika yang tampil begitu cermat di partai final tanpa memberikan satu pun kesempatan lemparan bebas bagi lawannya.

Kelengahan di awal laga harus dibayar mahal Rusia yang sumbangan angka terbanyaknya datang dari Anastasiia Logunova dengan enam poin, demikian catatan laman resmi Olimpiade.

Setelah membukukan catatan menang kalah 6-1 di fase penyisihan grup dan melewati Prancis dengan kemenangan alot 18-16 di babak semifinal Rabu sore, Kelsey Plum dkk tampil lebih dominan di final kontra Rusia.

Amerika mampu memimpin cukup meyakinkan 6-1 dalam tiga setengah menit pertama setelah Plum mencetak poin ketiganya di pertandingan itu.

Para pemain Rusia tampil lebih agresif dan beberapa kali terpaksa harus melakukan pelanggaran dan Dolson memanfaatkan satu dari dua kesempatan lemparan bebas untuk memperlebar keunggulan Amerika 12-5 pada sisa waktu tiga menit 53 detik.

Kendati demikian, Rusia tidak patah arang dan meraup empat poin tanpa balas untuk memangkas jarak ketertinggalan 9-13 melalui tembakan Logunova pada sisa waktu tiga menit 12 detik.

Rusia bahkan mendekat lagi dalam kedudukan 11-14 ketika umpan Logunova bisa dikonversi oleh Olga Frolkina pada sisa waktu dua menit 43 detik.

Sayangnya pelanggaran yang terjadi saat berebut rebound berbuah dua lemparan bebas bagi Amerika, yang mampu dimanfaatkan Dolson untuk membuat timnya kembali menjauh 17-12 pada sisa waktu satu menit 16 detik.

Rusia berusaha keras mengejar tapi tembakan Logunova pada sisa waktu empat detik tak cukup menghindarkan mereka dari kekalahan 15-18. Rusia harus puas dengan medali perak, sedangkan emas jadi milik Amerika.

Medali perunggu putri menjadi milik China, yang untuk kedua kalinya mengalahkan Prancis di Olimpiade Tokyo. Di laga perebutan perunggu China menang 16-14 atas Prancis.

Baca juga: Serbia kunci satu tempat di semifinal 3x3 putra Olimpiade Tokyo
Baca juga: Prancis ciptakan laga akbar lawan Amerika di semifinal 3x3 putri
Baca juga: Hari ini Olimpiade Tokyo perebutkan 23 emas, termasuk 3x3 putra-putri

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

KONI: PON XX Papua berkaca pada Olimpiade Tokyo 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar