Olimpiade

Prancis ciptakan laga akbar lawan Amerika di semifinal 3x3 putri

Prancis ciptakan laga akbar lawan Amerika di semifinal 3x3 putri

Pebasket 3x3 Prancis Laetitia Guapo (kiri) berusaha melewati hadangan pemain Jepang Mio Shinozaki dalam pertandingan perempat final bola basket 3x3 putri Olimpiade Tokyo 2020 di Aomi Urban Sports Park, Tokyo, Jepang, Selasa (27/7/2021). ANTARA/REUTERS/Andrew Boyers

Jakarta (ANTARA) - Prancis menciptakan laga akbar melawan Amerika Serikat di babak semifinal bola basket 3x3 putri Olimpiade Tokyo 2020, seusai melewati hadangan tuan rumah Jepang di Aomi Urban Sports Park, Selasa.

Setelah kalah 15-19 di fase penyisihan grup pada Minggu (25/7), Prancis mampu menuntaskan revans atas Jepang dengan memetik kemenangan 16-14 dalam pertandingan perempat final.

Jepang sempat memimpin dalam semenit pertama setelah Stephanie Mawuli melakukan drive dan mencetak angka untuk membuat kedudukan 3-1.

Namun Prancis bangkit dan mencetak lima poin tanpa balas, termasuk tembakan luar busur dari pemain peringkat satu 3x3 FIBA Laetitia Guapo yang membuat kedudukan 6-3 pada sisa waktu tujuh menit 31 detik. 

Baca juga: Basket putri Jepang jungkalkan Prancis, Amerika atasi Nigeria 

Prancis mampu menjaga keunggulan mereka dan menegaskannya menjadi 12-5 saat Marie-Eve Paget berganti melesakkan tembakan luar busur pada sisa waktu tiga menit 39 detik. 

Mawuli menghidupkan harapan Jepang untuk bangkit setelah menceploskan satu poin tambahan untuk membuat skor jadi 14-15 pada sisa waktu 46 detik.

Sayangnya, Jepang gagal memanfaatkan momentum, termasuk ketika Mawuli gagal menceploskan bola pada sisa waktu empat detik dan disusul team foul yang membuat Prancis memperoleh dua kesempatan lemparan bebas di pengujung laga.

Paget melesakkan satu dari dua lemparan bebas itu untuk mengunci kemenangan 16-14 bagi Prancis.

Di semifinal, Prancis akan menantang Amerika yang sebelumnya menyapu bersih enam pertandingan awal mereka hanya untuk dikalahkan Jepang 18-20 di laga terakhir fase penyisihan. 

Baca juga: Amerika Serikat pastikan jejaki semifinal 3x3 putri Olimpiade Tokyo 

Semifinal lain 3x3 putri Olimpiade Tokyo akan mempertemukan ROC/Rusia --yang lolos langsung sebagai dua tim teratas fase penyisihan-- menghadapi China yang sukses menyingkirkan Italia.

Memimpin 3-0 di semenit pertama, China mampu menjaga dan menegaskan keunggulan mereka tanpa memberi kesempatan Italia merasakan keunggulan, hingga laga berakhir dengan skor 19-13 setelah 10 menit penuh.

Putra Jepang juga tersingkir

Senasib dengan rekan-rekannya di nomor putri, tim 3x3 putra Jepang juga tersingkir di babak perempat final setelah kalah 18-21 melawan Latvia, yang dihuni pemain ranking satu 3x3 FIBA Nauris Miezis.

Di perempat final lainnya, Rusia menang 21-19 disokong raihan sembilan poin Alexander Lvovich Zuev.

Babak semifinal akan mempertemukan Rusia dengan Serbia, yang menyapu bersih kemenangan tujuh laga fase penyisihan, dan Latvia menghadapi Belgia.

Cabor 3x3 akan memainkan rangkaian pertandingan semifinal hingga perebutan medali emas pada Rabu (28/7) besok.

Empat pertandingan semifinal putra putri dijadwalkan berlangsung pada sesi pertama mulai pukul 15.00 s.d. 19.10 WIB, dilanjutkan laga-laga perebutan medali di sesi kedua mulai pukul 18.45 WIB. 

Baca juga: Ringkasan medali emas Olimpiade Tokyo Selasa 27 Juli 
 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

KONI: PON XX Papua berkaca pada Olimpiade Tokyo 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar