Deli Serdang, Sumut (ANTARA News) - Sebagian wilayah di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat, diselimuti kabut asap tebal yang diperkirakan ekses dari kebakaran hutan di sekitar Provinsi Riau.

Kabut asap tebal tampak menyelimuti sebagian wilayah Deli Serdang sejak sekitar Pukul 07.30 WIB hingga menjelang Pukul 10.00 WIB.

Beberapa warga setempat dan pengendara kendaraan bermotor membenarkan bahwa musibah kabut asap tersebut cukup menganggu jarak pandang dan menganggu pernafasan.

"Kabut asap yang terjadi hari ini (Jumat, red) memang cukup menganggu jarak pandang dibanding kemarin," ucap Taufik, warga Kecamatan Percut Sei Tuan, Deli Serdang.

Dia memperkirakan jarak pandang pada posisi pagi hari di wilayah itu maksimum hanya sekitar 100 meter sehingga banyak pengguna kendaraan bermotor mengurangi laju kecepatan kendaraan mereka.

Menjelang sekitar Pukul 11.00 WIB ketebalan kabut asap mulai berkurang di kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kota Medan itu.

Sehari sebelumnya, menurut dia, kabut asap sudah mulai menyelimuti sebagian wilayah itu tetapi tingkat ketebalannya belum terlalu mengganggu jarak pandang.

Beberapa kecamatan di Deli Serdang yang sempat tergolong relatif dominan dilanda kabut asap kiriman itu dilaporkan antara lain Kecamatan Percut Sei Tuan, Pantai Labu, Beringin, Tanjung Morawa dan Lubuk Pakam.

Kabut asap yang merebak ke sebagian wilayah Deli Serdang terjadi di tengah minimnya curah hujan selama kurun waktu sepekan terakhir ini.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010