Jakarta (ANTARA News) - Gadis asal Sulawesi Utara, Cynthia Sandra menyatakan siap mengemban tugas sebagai Putri Pariwisata 2010 setelah menyisihkan puluhan finalis lainnya.

"Kalau ditanya bagaimana perasaan saya, tentu sangat senang dan bangga tapi saya sadar di balik ini ada tanggung jawab besar. Saya siap mengemban itu," kata Cynthia Sandra di Jakarta, Sabtu.

Ia dinobatkan pada Sabtu malam (22/10) saat gelaran Grand Final Puteri Pariwisata Indonesia 2010 dan sukses menyisihkan puluhan finalis wakil dari masing-masing provinsi.

Cynthia mengatakan siap mendalami pengetahuan tentang budaya dan pariwisata Indonesia sebagai bekalnya menjadi duta budaya dan pariwisata selama setahun ke depan.

"Saya akan mengemban dan membawa nama Indonesia dari sisi pariwisata dan budaya baik di tingkat nasional maupun internasional," kata gadis kelahiran Palu, 9 Mei 1986 itu.

Perempuan bernama lengkap Cynthia Sandra Tijadoh itu mampu menjadi yang terbaik dan mengalahkan 34 finalis lain yang datang dari seluruh provinsi di Indonesia.

Acara pemilihan tersebut digelar di JITEC Mangga Dua Jakarta, dengan tim dewan juri yang diketuai Dirjen Kemenbudpar, Sapta Nirwandar, serta dihadiri oleh para pemenang putri pariwisata 2009 serta Miss Tourism International 2009.

Sementara itu Runner up 1 putri pariwisata 2010 terpilih yalni finalis asal Lampung, Mutia Sari disusul Audrie Adriana Sanova (DKI Jakarta III), Dayu Prastini Hatmanti (Jawa Barat) dan Natasha Sutadisastra (DKI Jakarta II).

Sedangkan putri pariwisata terfavorit dan putri busana batik terbaik jatuh kepada Catherine D. Viriya (DKI Jakarta IV), putri berbusana daerah terbaik Linda Rahmah (Kalimantan Tengah), Putri Berbakat terbaik (Adeliawanda Hapsari (Kalimantan Selatan), Putri Fotogenik Maria Dyer Achsahinta Sinaga (Sumatera Utara), serta putri persahabatan Arti Ardilla (Riau).

Menurut Johnnie Sugiato, Ketua Yayasan El John selaku pihak penyelenggara pemilihan tersebut, puteri pariwisata Indonesia 2010 dalam waktu dekat akan segera di beri pembekalan khusus untuk dikirim dalam ajang Miss Tourism International 2010 yang rencananya digelar bulan depan.

"Mereka akan mendapat pembekalan untuk dapat menjadi wakil Indonesia di ajang internasional," katanya.(*)
(T.H016/A041/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010