Ambon (ANTARA) - Peserta perwakilan asal Kota Ambon, Kanidya Christandira Tuhumury terpilih menjadi Putri Pariwisata Maluku 2023 setelah bersaing dengan 14 perwakilan Kabupaten dan Kota di provinsi itu.

"Puji Tuhan setelah melalui proses yang panjang, hingga ke titik ini," ujar Kanidya saat dikonfirmasi, Kamis.

Baca juga: Putri Buru raih kategori bakat terbaik Putri Pariwisata Maluku

Ajang tersebut mengusung tema 'Tourism and Green Investment' yang diikuti oleh 15 finalis dari delapan Kabupaten dan tujuh Perguruan Tinggi yang ada di Maluku.

Terpilihnya Kanidya ditandai dengan Crowning dan Penyematan Sash.

Sementara pada posisi kedua atau runner up ditempati oleh Selfesina L. J. Letlora, dan second runner up Perwakilan dari Kabupaten Buru Selatan Christivania F. Dodolang.

Baca juga: Dispar Maluku perkenalkan ajang Putri Pariwisata 2023 di Unpatti

Sementara itu Ketua TP-PKK Maluku Widya Pratiwi selaku perwakilan dewan juri mengatakan Pemilihan Putri pariwisata juga menjadi ajang penyaluran bakat dan prestasi bagi perempuan muda di Maluku.

"Ajang seperti ini saya harap menjadi ajang bagi Putri Maluku untuk menyalurkan bakat dalam jalur prestasi," kata dia.

Baca juga: Disbudpar: Putri Pariwisata 2023 harus rajin berkampanye soal Sumut

Ia melanjutkan terselenggaranya ajang tersebut juga dapat melatih para finalis, untuk terbiasa berpikir kritis, kreatif, dan inovatif dalam bidang promosi dan sosialisasi Pesona Pariwisata Daerah Maluku.

"Pemilihan Putri Pariwisata Maluku Tahun 2023 yang diselenggarakan di Provinsi Maluku, untuk menyeleksi dan mendapatkan generasi muda wanita Maluku yang memiliki kemampuan bukan hanya secara tampilan, tetapi juga memiliki kemampuan intelektual dan kepribadian yang terbaik dan menunjukan ciri khas Maluku yang sama-sama kita banggakan dan nantinya menjadi wakil dari Provinsi Maluku untuk bertanding di Ajang Putri Pariwisata Indonesia," tuturnya.

Baca juga: Menparekraf minta Putri Pariwisata harus promosikan wisata Nusantara

Widya berharap ajang ini dapat memotivasi seluruh peserta untuk lebih dinamis, menjadi panutan, teladan, dan kreatif sebagai garda terdepan Promosi Pariwisata dan Investasi secara berkelanjutan dalam rangka mendorong dan mendukung Pertumbuhan Ekonomi dan Produktivitas di Provinsi Maluku.

"Pemilihan Putri Pariwisata Maluku tahun 2023 ini juga diharapkan dapat memotivasi para peserta, untuk ikut memajukan sektor pariwisata yang berkelanjutan, mendukung peningkatan investasi dalam penghijauan sektor pariwisata, sekaligus ikut memajukan pembangunan di bumi Maluku yang kita cintai," katanya.

Baca juga: Momentum emosional reuni Miss Supranational dengan Putri Pariwisata

Ia juga menyampaikan, yang terpenting dari ajang tersebut adalah bukan siapa yang menjadi pemenang, namun proses pembelajaran dan pengalaman yang didapat selama masa karantina untuk menjadikan para finalis sebagai Duta Pariwisata yang tidak hanya berpenampilan menarik, namun memiliki kualitas, kapabilitas dan kompetensi untuk mempromosikan Pariwisata Maluku pada skala nasional, regional dan global.

"Saya mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan partisipasi yang telah diberikan oleh seluruh pihak dan sponsor demi terselenggaranya acara ini," tandasnya.

Turut hadir pada kesempatan itu Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena Penjabat Bupati Buru, Penjabat Kabupatem Kepulauan Tanimbar, Staf Ahli, Asisten Sekda, Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, Pimpinan Organisasi Wanita, Pimpinan Lembaga Vertikal/BUMN/BUMD, Pimpinan Lembaga Perguruan Tinggi, Para Dewan Juri, beserta unsur lainnya

Baca juga: Dispar nilai Anneu Putri figur tepat angkat citra pariwisata Gorontalo
Baca juga: Anneu Anggraini Putri ingin pariwisata Gorontalo makin dikenal

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023