Jakarta (ANTARA) - Mahkota lari 100m putra Usain Bolt akan memiliki pemilik baru dalam Olimpiade Tokyo hari ini ketika saat bersamaan atlet Jepang Hideki Matsuyama membidik medali emas golf dan perenang AS Caeleb Dressel mengincar dua medali emas lagi.

Juga pada hari kesembilan ini dilangsungkan final tenis putra yang mempertemukan petenis Jerman Alexander Zverev yang mengakhiri perjalanan Novak Djokovic dalam memburu Golden Grand Slam, melawan petenis Rusia Karen Khachanov.

Olimpiade 2020 yang tertunda pandemi ini adalah yang pertama sejak Olimpiade Athena 2004 tanpa dihadiri raja sprint dari Jamaika Usain Bolt yang gantung sepatu pada 2017 setelah merebut dua gelar 100m dan 200m dalam tiga Olimpiade terakhir di Beijing, London dan Rio.

Baca juga: Jamaika sapu medali 100m putri, Thompson-Herah dekati rekor Flo Jo
Baca juga: Ringkasan medali Olimpiade Tokyo Sabtu 31 Juli

Lari 100m pertama Olimpiade pada era pasca-Bolt ini terlihat bagaikan kontes terbuka jika putaran pertama menjadi ukuran. Pelari Amerika Serikat Trayvon Bromell yang mencatat waktu tercepat tahun ini 9,77 detik, malah finis keempat di heat-nya.

Fokus final lompat jangkit putri tercurah kepada Yulimar Rojas dari Venezuela, yang membawa kegembiraan kepada negaranya yang tengah bermasalah dengan merebut gelar juara dunia dua kali berturut-turut.

Hari ketiga atletik di Stadion Olimpiade yang elegan namun kosong juga akan menampilkan atlet tolak peluru veteran Selandia Baru Valerie Adams yang berambisi menjadi wanita pertama yang menjuarai satu nomor sama dalam tiga Olimpiade.

Dalam lompat tinggi putra juara dunia dua kali dari Qatar Mutaz Barshim berusaha bersinar setelah naik podium dalam dua Olimpiade terakhir.

Di Tokyo Aquatics Centre, Dressel yang meraih emas 50m gaya bebas putra menjadi favorit emas 100m gaya kupu-kupu, 100m gaya bebas, dan estafet 4x100m putra.

Dia juga diperkirakan tampil dalam 4x100m gaya ganti putra yang mengakhiri renang Olimpiade 2020.

Baca juga: Dressel, Ledecky dan McKeown tambah perolehan emas
Baca juga: Klasemen medali Olimpiade: China kian menjauh saat Jepang puasa emas


Final golf mendebarkan

Dalam golf, babak final yang epik sedang berlangsung di Kasumigaseki Country Club di mana Xander Schauffele hanya unggul satu pukulan dari Matsuyama.

"Sejujurnya ini belum selesai," kata Matsuyama tentang bermain dalam kelompok terakhir Olimpiade di negerinya sendiri.

"Tetapi saya akan fokus bersenang-senang dan berusaha bermain bagus," tambah juara US Masters yang terjangkit virus corona sebulan lalu tersebut seperti dikutip AFP.

Dengan mundurnya Simone Biles, juara baru nomor semua alat Sunisa Lee mengincar emas palang bertingkat di mana final alat dimulai di Ariake Gymnastics Centre.

Mereka yang berusaha menghentikan sang remaja AS adalah Nina Derwael, yang berusaha mengakhiri penantian panjang Belgia dalam meraih medali senam Olimpiade.

Pesenam mengejutkan lainnya yang tengah memburu medali pertama Olimpiade bagi negaranya adalah pesenam Israel Artem Dolgopyat yang memuncaki kualifikasi senam lantai putra dan Rhys McClenaghan dari Irlandia.

Final terakhir dilombakan adalah nomor kuda pelana di mana McClenaghan sudah berencana membeli pizza jika mendapatkan medali senam dari nomor ini.

Absennya Biles dari meja lompat membuat rekan senegaranya Jade Carey sebagai orang yang harus menaklukkan peraih medali perak semua alat dari Brazil Rebeca Andrade.

Final bulu tangkis putri juga berlangsung hari ini antara nomor satu dunia Tai Tzu-ying melawan pebulutangkis China Chen Yufei.

Emas juga diperebutkan dalam loncat indah papan 3m putri), BMX, angkat besi dan layar, sedangkan anggar menutup kompetisi dengan final flore beregu putra.

Baca juga: Dominasi Jepang di senam artistik putra berlanjut

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021