Siapa pun yang menganggap pesan saya sebagai anti polisi benar-benar keliru
Jakarta (ANTARA) - Video musik lagu "Formation" milik Beyonce bertengger sebagai nomor satu dalam daftar 100 video musik terbaik sepanjang masa versi Rolling Stone, dikutip dari Page Six pada Senin.

Lewat video musik lagu "Formation" yang dirilis pada 2016 itu, Beyonce mengalahkan video musik ikonik lain seperti "Billie Jean" milik Michael Jackson, "Kiss" milik Prince, dan "Bad Romance" milik Lady Gaga.

Salah satu adegan yang paling mencolok dari video musik lagu "Formation" itu adalah ketika Beyonce berbaring di atas mobil polisi yang tenggelam di New Orleans dan dinding bertuliskan kata-kata "stop shooting us".

Baca juga: Beyonce tidak tampil di Grammy Awards 2021

Sutradara Matsoukas mengatakan, Beyonce memang sengaja ingin menunjukkan dampak historis perbudakan pada orang berkulit hitam dan apa yang telah dilakukannya pada keluarga kulit hitam.

"Saya ingin menunjukkan ini adalah orang kulit hitam. Kami menang, kami menderita, kami tenggelam, kami dipukuli, kami menari, kami makan, dan kami masih di sini," tutur Matsoukas.

Akan tetapi, banyak kritikus yang langsung mengkategorikan video musik "Formation" dan Beyonce sendiri sebagai anti polisi.

Beyonce kemudian membantah tuduhan itu dalam sebuah wawancara bersama Elle dan mengklaim bahwa dia bukanlah seseorang yang anti polisi.

"Saya seorang seniman dan saya pikir seni yang paling kuat biasanya disalahpahami,” kata Beyonce.

"Siapa pun yang menganggap pesan saya sebagai anti polisi benar-benar keliru. Saya sangat mengagumi dan menghormati petugas dan keluarga petugas yang mengorbankan diri mereka untuk menjaga kita agar tetap aman," tambahnya.

Selain "Formation", dua video musik lain milik Beyonce juga masuk dalam daftar video musik terbaik, yaitu "Single Ladies" di urutan 12 dan "Telephone" di urutan 66.

Baca juga: Ruang penyimpanan Beyonce dirampok, barang mewah belasan miliar raib

Baca juga: Beyonce dan Taylor Swift cetak rekor dalam sejarah Grammy

Baca juga: Kostum Destiny's Child dilelang

Penerjemah: Suci Nurhaliza
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021