Jakarta (ANTARA) - Pesenam Amerika Serikat Simone Biles akan kembali ke kompetisi di Olimpiade Tokyo untuk penutupan final nomor balok keseimbangan, yang dijadwalkan Selasa.

Nama bintang AS itu masuk dalam daftar delapan finalis cabang olahraga senam artistik nomor balok keseimbangan yang dirilis Senin.

Biles, juara Olimpiade empat kali, mengatakan dia berjuang dengan "twisties," suatu kondisi di mana pesenam kehilangan kemampuan untuk mengorientasikan diri di udara.

"Kami sangat senang untuk mengonfirmasi bahwa Anda akan melihat dua atlet AS di final balok keseimbangan besok - Suni Lee DAN Simone Biles!! Tidak sabar untuk menonton kalian berdua!" kata USA Gymnastics, dikutip dari Reuters.

Baca juga: Simone Biles mundur dari final nomor semua alat Olimpiade Tokyo
Baca juga: Simone Biles banjir dukungan setelah mundur dari beregu putri


Ini akan menjadi pertama kalinya Biles terlihat berkompetisi di Tokyo. Dia menarik diri dari kompetisi tim beregu pada Selasa lalu setelah satu vault, dengan alasan masalah kesehatan mental.

Biles kemudian mundur dari final all-around dan tiga dari empat final -- senam artistik lantai, kuda-kuda lompat dan palang bertingkat.

Pesenam berusia 24 tahun itu memerlukan setidaknya lima medali emas di Tokyo untuk menyamai rekor sembilan emas untuk senam di sepanjang masa Olimpiade.

Dalam unggahan di media sosialnya, Jumat lalu, Biles mengungkapkan bahwa dia berjuang dengan kesehatan mental selama Olimpiade.

"Untuk siapa pun yang mengatakan saya berhenti. Saya tidak berhenti," tulisnya di Instagram Story. "Pikiran dan tubuh saya tidak sinkron."

Baca juga: Olimpiade Tokyo menunggu keputusan Simone Biles
Baca juga: Teka teki Simone Biles dan mengapa dia mundur dari beregu putri

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021