Jakarta (ANTARA) - Pebalap Italia Lorenzo Savadori membawa Aprilia melahap lap tercepat di atas trek basah Sirkuit Red Bull Ring saat sesi latihan bebas kedua Grand Prix Styria, Jumat.

Savadori mencetak waktu 1:31,304 guna mengungguli pebalap tim Pramac Racing Johann Zarco dengan margin 0,154 detik. Juara dunia bertahan Joan Mir dari tim Suzuki melengkapi peringkat tiga dengan jarak 0,262 detik, demikian laman resmi MotoGP.

Di tengah kondisi trek yang basah setelah diguyur hujan, tak ada pebalap yang mampu lebih cepat dari catatan waktu sesi latihan paginya.

Takaaki Nakagami dari tim LCR Honda masih memiliki catatan waktu tercepat dari kedua sesi latihan setelah memuncaki FP1 dan Jack Miller berada di zona Q2 setelah finis sepuluh besar di FP1.

Baca juga: Nakagami tercepat di FP1 GP Styria

FP3 akan menjadi peluang terakhir bagi para pebalap untuk memesan tempat Q2 dengan catatan cuaca di Spielberg bersahabat.

Paruh kedua musim MotoGP 2021 dimulai dengan dua balapan berutun di Red Bull Ring, Austria.

Lima pebalap berbeda dan dari empat pabrikan telah meraih kemenangan dalam sembilan balapan pertama, sedangkan Fabio Quartararo saat ini memuncaki klasemen pebalap sementara dengan keunggulan 34 poin dari Johann Zarco.

Pada saat Quartararo telah menang empat balapan musim ini, Zarco masih mencari kemenangan pertamanya dalam kelas premier setelah empat kali finis runner-up pada paruh pertama musim.

Baca juga: Reaksi para pebalap MotoGP terhadap rencana pensiun Valentino Rossi

Red Bull Ring bisa menjadi peluang bagi Zarco karena sirkuit itu selama ini didominasi oleh para pebalap Ducati sejak kembali ke kalender MotoGP pada 2016.

Miguel Oliveira dari tim KTM mematahkan dominasi mesin Desmosedici saat dia mencuri kemenangan lewat manuver di tikungan terakhir di balapan kedua di Spielberg tahun lalu.

Oliveira tampaknya mendapati rasa sakit di pergelangan tangan kanannya setelah terjatuh pada sesi latihan pertama.

Dani Pedrosa, yang pensiun dari MotoGP pada akhir 2018, kembali beraksi akhir pekan ini sebagai pebalap wildcard untuk KTM, di mana ia bertugas sebagai test rider.

Cal Crutchlow juga kembali membalap sebagai pengganti Franco Morbidelli, yang memulihkan diri pascaoperasi, untuk tiga balapan selanjutnya.

Baca juga: Kilas balik karier Valentino Rossi

Sepuluh besar catatan waktu kombinasi latihan setelah FP2
1 Takaaki Nakagami LCR Honda (RC213V) 1'23,805
2 Joan Mir Suzuki Ecstar (GSX-RR) +0,076
3 Aleix Espargaro Aprilia Gresini (RS-GP) +0,378
4 Alex Rins Suzuki Ecstar (GSX-RR) +0,416
5 Pol Espargaro Repsol Honda (RC213V) +0,449
6 Marc Marquez Repsol Honda (RC213V) +0,670
7 Maverick Viñales Monster Yamaha (YZR-M1) +0,687
8 Fabio Quartararo Monster Yamaha (YZR-M1) +0,775
9 Johann Zarco Pramac Ducati (GP21) +0,775
10 Jack Miller Ducati Team (GP21) +1,022=

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021