Catur

Festival Catur BPK Penabur diharapkan jaring pecatur berbakat

Festival Catur BPK Penabur diharapkan jaring pecatur berbakat

Ilustrasi- pertandingan Catur (ANTARA FOTO)

Jakarta (ANTARA) - Dewan Pembina Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Eka Putra Wirya berharap agar acara Festival Catur Tingkat Nasional BPK Penabur 2021 dapat menjaring pecatur-pecatur berbakat.

Lebih lanjut, ia mengatakan pecatur-pecatur berbakat yang ditemukan itu selanjutnya akan mendapatkan pembinaan yang lebih intensif.

“Sangat diharapkan melalui turnamen online, lingkup nasional yang dapat diikuti oleh seluruh pelajar di Indonesia tanpa kecuali ini, akan dapat menjaring pecatur-pecatur berbakat yang selama ini terkendala banyak hal untuk ‘ditangkap’ kemudian mendapatkan pembinaan yang lebih intensif,” ujar Eka dalam keterangan resmi yang diterima Antara di Jakarta, Kamis. 

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Catur Pelajat Tingkat Nasional BPK Penabur 2021 Budijanto Gunawan mengungkapkan sudah ada lebih dari 1000 peserta yang mendaftar. 

Baca juga: Festival Catur BPK Penabur wadahi bibit pecatur handal 

Ia juga menuturkan para peserta tersebut akan bertanding secara daring dengan menggunakan protokol Fide yang menurutnya adalah sebuah tantangan baru. 

“Saat ini, sebanyak 1.217 pelajar yang tersebar di 24 provinsi di Indonesia telah mendaftar untuk mengikuti turnamen online ini. Mereka juga telah melakukan trial turnamen pertama pada 10 Agustus lalu dan akan dilanjutkan trial kedua pada 12 Agustus setelah pertemuan teknik," ujar Budijanto.

"Bukan hal sederhana menyelenggarakan turnamen catur online menggunakan protokol Fide dengan peserta berjumlah besar. Berbagai kendala teknis tentunya tak terelakkan. Akan tetapi kami memaknai situasi ini sebagai sebuah tantangan baru, sehingga kami menyikapinya sebagai ajang pembelajaran serta sarana pematangan diri," sambungnya.

Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional BPK Penabur 2021 akan memasuki acara puncak yang dimulai pada 14 Agustus.

Babak kualifikasi dari acara tersebut akan digelar pada 14-15 Agustus, sedangkan babak final berlangsung pada 21 Agustus.

Acara pembukaan festival catur tersebut akan dilaksanakan pada Sabtu (14/8), dan dibuka secara virtual oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) RI Nadiem Anwar Makarim.

Selain itu, Ketua Umum PB Percasi Utut Adianto juga akan memberikan edukasi melalui talkshow bertema 'Peran Catur dalam Membangun dan Membentuk Karakter Unggul Anak Bangsa'. 

Baca juga: Mendikbudristek akan buka Festival Catur Pelajar Nasional BPK Penabur 
Baca juga: Percasi apresiasi acara Festival Catur Pelajar Nasional BPK Penabur 

 

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar