Pesan Gubernur DKI Jakarta untuk warga Kampung Akuarium

  • Selasa, 17 Agustus 2021 23:09 WIB
Pesan Gubernur DKI Jakarta untuk warga Kampung Akuarium
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyaksikan anak-anak penghuni Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara bernyanyi lagu nasional berjudul 'Hari Merdeka', Selasa (17/8/2021). ANTARA/ Abdu Faisal.
Siapkan mereka dengan baik, ini pesan saya kepada komunitas warga di sini, jaga ikatan kekeluargaan. Tempat baru ini harus membuat ikatan kekeluargaan lebih baik
Jakarta (ANTARA) -
Selasa, 17 Agustus 2021, di Hari Kemerdekaan Ke-76 Republik Indonesia, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu anak-anak penghuni Kampung Akuarium. Mereka berusia muda, mungkin usia SD, satu dua setara SMP.

"Inilah wajah anak-anak pemilik masa depan," kata Anies di lokasi Kampung Susun Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara.

Dalam kenangan anak-anak itu, kata Anies, mungkin tersimpan memori ketika mereka harus tinggal di tenda sementara karena rumah yang digusur. Ada masa mereka harus tinggal di rumah selter sementara.

Memori kelam itu kelak akan berganti dengan masa ketika anak-anak itu tinggal di Kampung Susun Akuarium berwajah baru, bersama keluarganya.

Baca juga: Pemprov DKI sepakati warga kelola Kampung Susun Akuarium

Mereka punya pengalaman masa kecil yang mencerminkan perjuangan dan amanat penderitaan masyarakat di Kampung Akuarium.

Maka, Pemerintah DKI Jakarta ingin masa depan anak-anak ini berubah.

"Mereka harus bersekolah dengan baik, sehingga nanti bisa memiliki masa depan yang jauh lebih tinggi daripada mimpi yang mereka miliki sekarang," ujar Anies.

Dan nantinya mereka bisa menopang masa tua orang tua mereka, sehingga orang tua-orang tua itu nanti bisa tinggal bersama anak-anaknya yang pernah melewati masa-masa sulit di tempat ini.

Menjadi orang tua yang bahagia, ditopang oleh anak-anak yang terdidik.

"Pastikan, bapak-ibu yang ada di sini, didik anak-anak ini dengan baik. Tinggikan mimpi mereka. Katakan kepada mereka, mimpi yang tinggi. Anda tinggal di Jakarta, pemerintah memfasilitasi. Kerja keras seperti orang tuanya bekerja keras. Lalu lampaui mimpi itu".

Baca juga: Pemprov DKI targetkan Kampung Susun Akuarium tuntas akhir tahun

Karena sesungguhnya bangunan baru Kampung Akuarium bukan bangunan bagi bapak-ibunya saja, ini adalah bangunan untuk anak-anak agar memiliki masa depan lebih baik.

Mereka lah pemilik masa depan di tempat ini.

"Siapkan mereka dengan baik, ini pesan saya kepada komunitas warga di sini, jaga ikatan kekeluargaan. Tempat baru ini harus membuat ikatan kekeluargaan lebih baik."

"Kedua, pastikan semua anak di sini terdidik tuntas. Mereka memiliki kemampuan untuk melampaui mimpi-mimpinya."

Kalau itu dilakukan, insya Allah Kampung Akuarium menjadi Kampung Percontohan bagaimana bangkit dari suasana yang amat sulit.

Suasana yang amat berat, kemudian bangkit menjadi komunitas yang sehat yang  bisa dijadikan teladan.

Baca juga: Ini fasilitas hunian Kampung Susun Akuarium

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021

Komentar

Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Berita Terkait