Wamentan dukung Sambas jadi lumbung beras Kalimantan Barat

Wamentan dukung Sambas jadi lumbung beras Kalimantan Barat

Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qalbi (tengah) saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sambas Kalimantan Barat. (ANTARA/HO-Kementerian Pertanian)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qalbi mendukung dan siap memfasilitasi niatan Pemerintah Kabupaten Sambas yang ingin menjadikan daerah tersebut sebagai lumbung beras di Kalimantan Barat.

"Presiden punya semangat Indonesia Sentris. Artinya setiap anak bangsa, di sudut negeri mana pun, harus merasakan kehadiran negara. Untuk itulah kami hadir disini," kata Wamentan Harvick dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Kamis.

Harvick juga mengaku senang bisa menginjakkan kaki dan meninjau tanam dan panen di Sambas, yang saat ini berpotensi menjadi lahan panen dengan bibit varietas Unggul B-36 dan B-37 temuan BPTP Kalbar.

"Saya juga menyambut baik, support, atas kesungguhan pemuda tani setempat untuk mengembangkan pertanian. Sektor ini sangat potensial dan Insya Allah punya masa depan yang cerah," katanya.

Sebelumnya, Badan Penelitian dan Teknik Pertanian (BPTP) Kalimantan Barat telah menemukan varietas unggul Padi B-36 dan B-37 yang dapat mempercepat masa panen dan mendorong produktivitas.

Baca juga: Panen di Kubu Raya, Wamentan harapkan petani milenial terus tumbuh

Menurut Kepala BPTP Kalbar Rustan Massinai, varietas unggul ini mampu meningkatkan hasil panen dari hanya 6 ton per hektare menjadi 8,05 ton per hektare.

Rustan menjelaskan hasil panen pertama padi varietas B-36 dan B-37 ini dapat menghasilkan 40 ton gabah yang semuanya tidak akan dikonsumsi, tetapi akan langsung dijadikan bibit baru yang akan dibagikan gratis kepada petani.

"Dengan 40 ton bibit gratis ini, Insya Allah akan dihasilkan 100 ton pada panen berikutnya yang siap konsumsi," tambah Rustan.

Target untuk menjadikan Kabupaten Sambas sebagai Lumbung Padi Kalbar layaknya Kabupaten Karawang di Jawa, juga akan dicapai dengan membuat panen padi tiga kali dalam setahun dengan bibit varietas Unggul B-36 dan B-37 ini.

Dalam kunjungannya yang kedua dalam dua minggu terakhir ini, Wamentan Harvick juga menyempatkan untuk memberikan bibit Kelapa Dalam dan Jeruk Sambas gratis kepada petani di Kecamatan Selakau Kabupaten Sambas, Kalbar.

Baca juga: Wamentan Harvick tinjau panen raya jagung di Pekanbaru

Baca juga: Wamentan minta pemda bangun kepercayaan petani tingkatkan produksi

 

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Satyagraha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Wamentan: Stok jagung lokal surplus 2,37 ton

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar