Jakarta (ANTARA News) - Persatuan Insinyur Indonesia (PII) memberikan penghargaan sepanjang hidup (Lifetime Achievement Award) kepada Prof Wiratman Wangsadinata dan DR. Ir. Godefridus Mangaradja (GM) Tampubolon atas jasa mereka membangun organisasi profesi keinsinyuran.

Mantan Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie menyerahkan tanda penghargaan untuk kedua tokoh organisasi profesi insiyur tersebut dalam sebuah seremoni yang di auditorium Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Jakarta, Rabu.

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, Ketua Umum PII Muhammad Said Didu, Menteri Koperasi dan UKM Syarifuddin Hasan dan Kepala BPPT Marzan Azis Iskandar hadir dalam acara penyerahan penghargaan tersebut.

Prof Wiratman adalah pendiri dan Direktur Utama PT. Wiratman & Associates yang dibangun sejak tahun 1976 dan sampai sekarang terlibat dalam berbagai kegiatan perencanaan dan supervisi ratusan bahkan ribuan proyek konstruksi seperti jembatan, dam, jalan dan gedung-gedung tinggi.

Sementara Tampubolon sudah puluhan tahun aktif di PII dan pernah menduduki berbagai jabatan termasuk ketua umum selama 15 tahun dalam organisasi profesi yang dibentuk oleh Ir Djuanda Kartawidjaja dan Dr. Rooseno Soeryohadikoesoemo di Bandung tahun 1952.

Tahun 1985 Tampubolon bersama kawan-kawannya kembali membentuk sebuah organisasi profesi baru yang cakupannya lebih luas yaitu Perhimpunan Ahli Teknik Indonesia (PATI). Dia juga pendiri sekaligus Ketua Dewan Direksi Center for Technology and Industry Development (CTID), sebuah institusi nirlaba yang mengkaji dan mendalami pengembangan teknologi dan industri di tanah air.

Selain penghargaan bagi kedua tokoh insinyur tersebut, PII juga memberikan penghargaan kepada insinyur dan perusahaan yang dinilai telah menoreh prestasi dalam pengembangan teknologi.

Penghargaan Adhi Karya Rekayasa diberikan kepada Prof Wiratman Wangsadinata dan Terip Karo Karo serta Research and Development PT Telkom dan PT Wijaya Karya.

Organisasi profesi itu juga memberikan penghargaan Adhi Dharma Profesi kepada peneliti LIPI Dr LT Handoko dan Dr Bambang Widyatmoko serta Prof Sriani Sujiprihati dari IPB.

Sementara "Engineering Award" antara lain diberikan kepada Jhony Setiawan, Ahmad Agus Setyawan, Ratno Nuryadi, Andreas W dkk, Samudra Prasetyo, PT Krakatau Steel, PT Industri Kereta Api dan Pusat Teknologi Industri BPPT.

Penghargaan "PII Sustainable Engineering Award" diberikan kepada Ir Nuryanto, PT Pembangunan Perumahan (Persero) dan PT Pasadena Engineering Indonesia serta PII Corporate Technology Award diberikan kepada PT Industri Kereta Api (Persero).

Tahun ini PII juga memberikan penghargaan Adhiwarta Rekayasa kepada jurnalis yang konsisten menulis tentang teknologi dan rekayasa. Penghargaan tersebut diberikan kepada Ninok Leksono dari Harian Kompas.
(M035/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010