Jakarta (ANTARA News) - Penyanyi terkenal Iwan Fals ikut menyemarakkan acara Djarum Trees For Life dengan menanam pohon trembesi di Pondok Pesantren Al-Ittihad, Cianjur, Jawa Barat pada Selasa (25/1).

Pada kesempatan Iwan menuturkan keinginannya menularkan semangat peduli lingkungan dan mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk menanam dan merawat pohon di lingkungan sekitar rumah.

"Jika setiap penduduk di Indonesia menanam satu pohon trembesi, pastinya jumlahnya akan luar biasa," ujar penyanyi yang bernama lengkap Virgiawan Listanto.

Suwarno M Seras, Public Affairs Director PT Djarum mengatakan program ini merupakan bentuk kesadaran dan solidaritas Djarum terhadap kerusakan alam dan pemanasan global di Indonesia. Salah satu solusinya ialah menanam dan merawat pohon trembesi.

"Pemanasan global adalah ancaman nyata bagi kehidupan kita," ujar Suwarno.

Dalam pelaksanaan program itu di Jawa Barat, PT Djarum dibantu oleh Komando Resort Militer 061 Surya Kencana Bogor Kodam Siliwangi dan beberapa Pondok Pesantren di Jawa Barat.

Danrem Surya Kencana, Kolonel Inf Doni Monardo menilai pemanasan global bukan sebuah isu, tetapi fakta yang harus ditanggulangi dan keikutsertaan pondok pesantran adalah salah satu bentuk sosialiasi kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

"Kami telah bekerjasama dengan 43 Pondok pesantren di Jawa Barat," kata mantan pimpinan Grup A Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) tersebut.

Sementara itu, Dosen Fakultas Kehutanan IPB, Endes N Dahlan mengatakan pohon trembesi memiliki kemampuan menakjubkan dalam menyerap karbondioksida (CO2) di dunia. Endespun telah meneliti 43 pohon untuk menguatkan pembuktiannya itu.

"Satu pohon trembesi dewasa dengan diameter 25-30 meter mampu menyerap gas CO2 sebanyak 28,5 ton pertahun," ujarnya.(*)
(adm/R009)

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011