Kota Bogor (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bogor memberikan kejutan berupa penampilan marawis oleh jajaran pimpinannya sebagai wujud sinergi TNI dan Polri yang solid, pada momen upacara terbatas HUT ke-76 TNI yang terhubung langsung secara virtual dengan upacara di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa.

Kapolresta Bogor Kombes Pol Susatyo bersama dengan 15 orang jajarannya segera memainkan alat musik perkusi atau marwas yang digunakan dalam musik marawis lengkap dengan ikat kepala khas sunda dengan warna merah putih dan tulisan TNI saat upacara berlangsung, pada pukul 8.45 WIB.

Di hadapan sekitar 30 orang peserta upacara lainnya, jajaran Polresta Bogor menampilkan lagu marawis berjudul 'Maberuk'.

Dalam kesempatan itu, para pemain marawis tetap melaksanakan protokol kesehatan COVID-19 dengan mengenakan masker dan berbaris berjaga jarak

Dalam upacara HUT ke-76 TNI yang dilaksanakan secara terbatas tersebut, sejumlah pejabat hadir, di antaranya Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim dan Kadis Ops Kolonel Penerbangan Lanud Atang Sanjaya Asep Wijaya.

Baca juga: Polwan sambut HUT TNI dengan memberikan bunga ke prajurit di Istana
Baca juga: Danlantamal XIII pimpin ziarah ke TMP Dwikora Tarakan
Baca juga: Panglima TNI berikan kejutan kepada Kapolri di Hari Bhayangkara


Upacara HUT ke-76 TNI di masa pandemi tersebut berlangsung cukup meriah dan diwarnai dengan pemberian tumpeng sebagai tanda selamat ulang tahun dari Polresta Bogor.

Kombes Pol Susatyo dalam momen itu mengatakan dengan semangat persatuan kepolisian berusaha memunculkan nuansa adat dan kearifan lokal melalui marawis yang ditampilkan langsung para pejabat utama Polresta Bogor mulai dari Kapolres, para kepala bagian, kepala satuan dan kepala sektor.

"Kami berlatih serius untuk menampilkan ini di depan teman-teman. Sekali lagi, ini wujud dari sinergi TNI dan Polri di Kota Bogor senantiasa solid," katanya.

Menyambut kreativitas jajaran pimpinan Polresta Bogor itu, Komandan Korem 061/Surya Kencana Brigjen TNI Achmad Fauzi mengungkapkan kejutan yang diberikan Polresta Bogor merupakan wujud dari saling memiliki bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah satu.

Apresiasi dalam bentuk seni marawis ini, kata Brigjen TNI Achmad Fauzi, adalah bentuk sinergi yang nyata merajut kekompakan mengamankan dan menjaga stabilitas daerah.

"Kita mendapatkan kejutan dari Kapolresta dan jajaran, Ini luar biasa, ini bentuk kebersamaan kita," katanya.

Pewarta: Linna Susanti
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2021