PON Papua

Kaltim sandingkan dua emas kategori tanding pencak silat PON Papua

Kaltim sandingkan dua emas kategori tanding pencak silat PON Papua

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Marciano Norman (paling kiri bawah) saat upacara penyerahan medali bagi atlet pencak silat PON XX di GOR Toware Kabupaten, Selasa. (ANTARA/Muhammad Zulfikar)

Jayapura (ANTARA) - Kontingen Kalimantan Timur berhasil menduetkan duo medali emas kategori tanding tunggal putra kelas berbeda pada cabang olahraga pencak silat Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua.

Medali emas pertama untuk Kalimantan Timur dipersembahkan oleh pesilat Iqbal Candra Pratama setelah mengalahkan pesilat Jawa Barat Syafii Nurhikmah di Gedung Olahraga (GOR) Toware Kabupaten Jayapura, Selasa.

Kedua pesilat bertanding di gelanggang II pada kelas F (70-75 kilogram) putra. Iqbal menjadi yang terbaik usai kelima juri mengangkat bendera biru untuk kemenangannya.

Kemenangan Iqbal juga disusul oleh rekannya Hendra W. H. setelah menyingkirkan pesilat DKI Jakarta Ausri Bayusro dalam kelas I (85-90 kilogram) putra.

Sebelum ke final, Hendra lebih dulu menyingkirkan Aji Bangkit Pamungkas yang merupakan peraih medali emas Asian Games 2018, dalam babak penyisihan. Kemudian dalam semifinal, dia mengalahkan pesilat Bali Cok Gede K W.

Baca juga: Putra Hidayana sumbang emas untuk Papua dari pencak silat

Sementara itu, Sitti Nur D dari Kalimantan Timur harus puas dengan medali perak setelah kalah melawan pesilat Sumatera Selatan Fransiska S. D. pada  kelas F (70-75 kilogram) putri.

Ketua panitia pertandingan menetapkan Fransiska S. D. menang teknik atas lawannya dan berhak menyabet medali emas.

Selain itu, pesilat Dinda Nuraidha dan Riduwan Hakim yang juga dari Kalimantan Timur, berhasil membawa pulang medali perunggu dari kategori tanding tunggal putri dan putra.

Secara umum, Kalimantan Timur mengumpulkan dua medali emas, satu perak dan dua medali perunggu dari cabang olahraga pencak silat PON Papua.

Baca juga: Manisnya kemenangan Hanifan-Pipiet, suami istri emas PON Papua

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Polresta Malang Kota jaring pesilat andal

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar