Madrid (ANTARA News) - Pebalap sepeda tiga kali juara Tur Prancis, Alberto Contador, mengatakan ia "lega dan gembira" setelah federasi sepeda Spanyol menarik keputusan yang sebelumnya menyatakan ia menggunakan obat terlarang. Penantian yang berakhir kegembiraan. 

Namun Uni Sepeda Internasional, badan cabang olahraga dunia sepeda, serta Lembaga Antidoping Dunia, meminta ia mengajukan banding dalam tempo sebulan kepada Pengadilan Arbitrase Olahraga, yang akan mengeluarkan keputusan akhir, sebagaimana dikutip dari AFP. 

Nasib pebalap berusia 28 tahun itu terletak pada keputusan akhir itu, sejak ia Agustus lalu ditest positif menggunakan obat terlarang clenbuterol ketika mengikuti Tur Prancis, Juli.

Pebalap Spanyol itu mengulangi ia tidak menenggak obat terlarang, dengan menyalahkan hasil pemeriksaan itu mungkin merupakan kontaminasi dengan obat otot.

Tim pebalap itu, Saxo Bank, mengatakan federasi sepeda Spanyol, RFEC, memutuskan Contador tidak bersalah Selasa berdasar bukti-bukti dan pengakuan pebalap itu bahwa ia tidak ada mengkonsumsi obat terlarang itu.

Dengan adanya keputusan itu, berarti Contador bebas berlomba untuk pertama kali bagi timnya. Ia akan membalap dalam Tur Algarve yang akan dimulai Rabu di sebelah selatan Portugal. 
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011