Gap, Prancis (ANTARA News/Reuters) - Alberto Contador mengirim sebuah peringatan bagi para pesaingnya dengan mengulang kembali serangan pada etape ke-16 Tour de France yang dimenangi oleh pebalap Norwegia Thir Hushovd, Selasa.

Dua hari sebelum etape yang melelahkan menuju the Col du Galibier, juara tiga kali itu melepaskan diri ke depan pada tanjakan kategori dua Col de Manse dengan hanya pebalap Australia Cadel Evans dan pebalap Spanyol Samuel Sanchez yang dapat mengikuti kecepatannya.

Contador dan Sanchez tertinggal ketika turunan oleh Evans, yang melintasi garis finis tiga detik di depan dua pebalap Spanyol tersebut.

Pebalap Prancis Thomas Voeckler mempertahankan kaus kuning pemimpin klasemen pebalap saat dia mencapai finis terpaut 4:44 dari Hushovd dan 21 detik di belakang Evans bersama kelompok kecil pebalap termasuk Frank Schleck.

Pebalap Luksemburg Andy Schleck kesulitan dalam turunan berat dan kehilangan 1:09 dari Evans, yang kini menempati posisi kedua dalam klasemen keseluruhan, terpaut 1:45 di belakang Voeckler.

Frank Schleck di posisi ketiga, terpaut empat detik lagi, sementara Contador naik ke posisi keenam, terpaut 3:42 dari posisi pertama dan 39 detik di belakang posisi kelima Andy Schleck.

Contador, yang kehilangan waktu yang sangat menentukan pada etape pertama setelah terlibat tubrukan beruntun dan kesulitan pada etape pegunungan pertama, kembali dalam penampilan luarbiasa dia saat dia mengulang serangan yang menurunkan Schleck bersaudara dan Ivan Basso, yang kini di posisi ketujuh dalam klasemen keseluruhan.

Di awal balapan, pebalap Kanada Ryder Hesjedal melepaskan diri dari kelompok pembalap yang melesat ke depan di Col de Manse, tapi dapat dikejar kembali oleh Evald Boasson Hagen dan Hushovd sesaat sebelum tanjakan.

Juara dunia itu terlalu tangguh pada bagian akhir balapan itu dan dengan mudah mengungguli Boasson Hagen dalam sprint menjelang finis untuk memenangi etape untuk kedua kalinya di Tour itu.(*)
(I015/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011