Nevegal, Italia (ANTARA News) - Alberto Contador dari Spanyol memperkuat posisinya di klasemen sementara balap sepeda Giro Italia, setelah Selasa memenangi tahapan kedua kalinya pada lintasan ke-16 yang merupakan tanjakan time trial sepanjang 12,7 kilometer.

Contador memenangi lomba dari Belluno ke Nevegal dengan keunggulan 34 detik dari Vincenzo Nibali dari Italia dan pebalap lainnya dari Italia Michele Scarponi di tempat ketiga.

Setelah memenangi tahapan kesembilan di Mount Etna dan memimpin klasemen sementara, maka tahapan ke-16 merupakan lintasan kedua yang ditaklukkan Contador dan kini memimpin klasemen dengan empat menit 58 detik dari Scarponi dan Nibali di tempat ketiga.

Nibali sempat tampil tercepat pada lima kilometer awal, tetapi Contador berhasil melewatinya pada tanjakan kedua dan setelah itu pebalap Spanyol itu tidak terkejar.

"Penonton Italia merupakan penolong saya secara psikologis, karena mereka begitu bersemangat mengelu-elukan saya di sepanjang tepi jalan yang kami lalui," kata Contador.

"Mereka amat mendukung kami sejak awal perlombaan dan ini merupakan faktor penambang semangat luar biasa bagi pebalap," katanya.

Nibali mengakui lawannya amat kuat. "Rasanya tidak mungkin mengalahkan Contador pada tahapan ini, ia amat kuat," katanya.

"Alberto pebalap kuat dan saya sudah menyaksikannya dalam beberapa tahun ini," kata Stefano Garzelli, yang berada di urutan kelima tahapan itu.

Tantangan besar Contador selanjutnya berada pada dua puncak Alpen lannya pada lomba Jumat dan Sabtu serta final time trial pada 29 Mei di jalan umum kota Milan tempat perlombaan usai.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011