-
Jakarta (ANTARA News) -  Mengapa smartphone macet atau putus ketika mengakses internet?  biang keladinya adalah  ponsel pintar itu memakan kapasitas data yang jauh lebih besar dari ponsel normal, kata  International Telecommunication Union seperti dikutip Telegraph.

Perangkat seperti Apple iPhone atau smartphone berbasis Google Android rata-rata menggunakan kapasitas data lima kali lebih besar dari "ponsel biasa" yang hanya untuk mengirim pesan teks, gambar atau membuat panggilan video.

Hal itu juga disebabkan ketidaksiapan berbagai pemerintah dalam mengantisipasi ledakan trend smatphone.

Pada pameran Mobile World Congress di Barcelona, Hamadoun Toure, Sekjen ITU mengusulkan pemerintah harus cepat menerapkan serat kabel optik berkecepatan tinggi untuk memberikan koneksi data yang lebih cepat antara menara seluler dan jaringan.

Dia menambahkan pemerintah juga harus menyediakan spektrum frekuensi radio untuk sinyal ponsel setelah melihat penjualan smartphone meningkat 74 persen pada tahun lalu.

Jumlah ponsel pintar diperkirakan meningkat dari saat  ini yang sekitar 500 juta unit menembus angka dua miliar pada 2015, sesuatu keuntungan yang diharapkan Microsoft dan Nokia.

Minggu lalu Microsoft dan Nokia berikrar mengalahkan Apple dan Google dalam pasar smartphone.
(Adm/A038)

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011