Jakarta (ANTARA) - Peregangan bisa membantu saat Anda bangun tidur di pagi hari dengan kondisi lutut atau persendian yang terasa kaku.

"Lutut biasanya lebih kaku daripada persendian lain ketika bangun karena kita tidur dalam posisi tetap (tanpa menekuk atau meluruskan secara aktif)," kata terapis fisik di New York, Sam Becourtney, DPT, CSCS seperti dikutip dari Livestrong, Kamis.

Baca juga: Hindari nyeri akibat mengetik, lakukan peregangan tiap satu jam

Menurut dia, melakukan peregangan lutut di pagi hari dapat membantu melumasi sendi Anda yang berderit. Peregangan pagi untuk sementara bisa meningkatkan jangkauan gerak dan fleksibilitas otot-otot Anda yang menempel pada sendi lutut.

Salah satu gerakan yang disarankan yakni hamstring dengan durasi 30 detik. Mulailah berbaring terlentang, lalu luruskan kaki kanan dan pegang kaki kiri dengan kedua tangan di belakang paha. Tekuk lutut hingga 90 derajat sambil posisi tangan memegang belakang paha.

Secara dinamis luruskan kaki kiri Anda ke atas ke arah langit-langit (yaitu luruskan kaki sebaik mungkin) dan tahan selama 5 detik. Setelahnya, turunkan kembali ke posisi awal dan ulangi 3- 5 kali lalu ganti kaki.

Peregangan lainnya yang bisa Anda coba yakni dengan membaringkan tubuh secara terungkap dengan kedua kaki lurus. Tekuk lutut kanan Anda sampai Anda dapat meraih kaki atau pergelangan kaki kanan dengan tangan kanan Anda dan tarik perlahan ke arah bokong untuk merasakan peregangan di bagian depan paha.

Tahan peregangan selama 5-10 detik, lalu ulangi 3-5 kali sebelum berganti kaki.



Baca juga: Jangan lupa peregangan otot saat kerja dari rumah di tengah corona

Baca juga: Pentingnya peregangan walau tidak berolahraga

Baca juga: Meregang ala kucing, kiat hindari nyeri punggung

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021