Los Angeles (ANTARA News) - Melissa Leo yang bermain sebagai seorang ibu yang tegar dan mempunyai anak kecanduan narkoba dalam "The Fighter" dan aktor Christian Bale, memenangkan Oscar untuk kategori Aktris Pembantu Terbaik dan Aktor Pembantu Terbaik dalam acara Anugerah Oscar yang lebih banyak memberikan penghargaan kepada insan-insan film terbaru.

Penghargaan Oscar terbaik lainnya diberikan kepada "Toy Story 3" sebagai film animasi terbaik, sedangkan film Denmark berjudul "In A Better World" menjadi film asing terbaik.

"The King's Speech" dianugerahi skenario asli terbaik dengan penghargaan jatuh ke sang penulis David Seidler, sedangkan film tentang Facebook "The Social Network" mendapat penghargaan skenario adaptasi terbaik yang diberikan kepada penulis skenario Aaron Sorkin.

Seperti film-film dan para penulis skenario, Bale dan Leo telah difavoritkan menang dalam Academy Awards kali ini.

Tapi tetap saja Leo gugup saat tampil di panggung, dan dia mengatakan tak bisa berkata-kata ketika ditanyai kesannya oleh presenter Kirk Douglas apakah momen ini nyata baginya. Leo hanya terdiam sebelum kemudian dikagetkan oleh sebuah seruan.

Dia lalu berterimakasih kepada rekan-rekan mainnya, sutradara dan produser "The Fighter."

Sementara itu Christian Bale mengeluarkan air mata saat dia menyampaikan terimasihnya kepada sang istri dan keluarga, serta mengungkapkan perasaannya kepada para bintang Hollywood yang menghadiri acara megah ini.

"Sungguh sebuah ruangan yang penuh dengan orang-orang inspiratif dan berbakat, dan apa gerangan yang aku kerjakan di sini," katanya seperti dikutip Reuters.

Penghargaan dini lainnya dianugerahkan kepada "Alice in Wonderland" untuk kategori penata artistik terbaik dan film "Inception" untuk kategori sinematografi terbaik. (*)

Reuters/Jafar

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011