Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan software dan business analytics, SAS, bersama MeLLMo Inc berkolaborasi untuk menyediakan layanan mobile business intelligence melalui solusi mobile Roambi bagi perusahaan-perusahaan di seluruh dunia.

Kerjasama ini menggabungkan Roambi ES3 dengan SAS Enterprise BI Server, memungkinkan para pembuat keputusan dapat mengakses dan mendapatkan interaksi visual dengan data penting SAS business intelligence melalui iPhone atau iPad seri apa pun.

"Baik online maupun offline, menyediakan teknologi mobile yang benar-benar canggih. Produk ini akan tersedia pada awal April," kata SAS dalam siaran persnya untuk ANTARA, Kamis.

“Penelitian kami menunjukkan jika karyawan pada perusahaan papan atas dua kali lebih mungkin memperoleh informasi yang diperlukan dengan menggunakan mobile business intelligence dibandingkan dengan karyawan lainnya yang bukan dari perusahaan papan atas,” kata David White, Analis Riset Senior, Aberdeen Group.

“Salah satu alasan mengapa mereka memerlukan teknologi tinggi ini adalah karena mereka lebih senang memiliki informasi yang lebih banyak dan interaktif.”

Melalui teknologi SAS dan Roambi, manajer supply chain yang sedang berada di luar kantor dapat memantau jumlah stok ketika terjadi lonjakan permintaan untuk produk yang jumlah stoknya terbatas. Dengan begitu ia bisa mengambil tindakan cepat bila stok tidak mencukupi permintaan.

“Pelanggan kami bergantung dengan pandangan apa yang diperoleh mereka dari SAS dan mereka antusias untuk memperoleh informasi perusahaan dalam hitungan menit melalui akses mobile. Semakin meningkatnya jumlah pengguna komputer tablet dan smart phone merupakan cara terbaik untuk memperluas manfaat SAS di luar jangkauan lingkungan kantor tradisional,” kata Jim Davis, SAS Senior Vice President dan Chief Marketing Officer.  

Didesain untuk semua skala perusahaan, Roambi memindahkan laporan dan data business intelligence SAS ke dashboard analytics, dan secara cepat akan muncul di iPhone atau iPad seri apa pun serta dapat diakses dari mana pun.

"Untuk gaya hidup masa kini yang mobile dan selalu bekerja setiap saat, fasilitas ini lebih penting dari apa pun bagi pekerja yang menginginkan akses mobile ke business intelligence dengan cepat dan terpercaya di mana pun dan kapan pun mereka memerlukannya," kata Santiago Becerra, Ketua dan co-founder MeLLmo, pengembang Roambi.

"Kami sangat antusias bekerja sama dengan SAS untuk memberikan business intelligence dalam mobile dengan menarik dan intuitif kepada pelanggan di seluruh dunia."

Roambi Lite,  Roambi Pro dan Roambi ES3 melengkapi perangkat produk Roambi untuk individu, workgroups, UKM dan juga korporasi.

Organisasi lintas industri di seluruh dunia, termasuk telekomunikasi, biotekenologi, farmasi, teknologi pelanggan dan juga barang kemasan, terus berekspansi dan menggunakan sistem laporan bisnis yang sudah ada – dan secara signifikan dapat meningkatkan Return of Investment (ROI).

Roambi menyediakan akses yang mobile dan dapat bekerja setiap saat untuk memperoleh informasi perusahaan yang sangat penting dari genggaman tangan – memberikan keunggulan kompetitif yang signifikan dengan meningkatkan produktifitas dan pembuatan keputusan yang cepat, kata SAS.

SAS memberikan analytics terbaik kelas dunia yang ditanamkan dalam framework business analytics dan dapat mendukung seluruh proses pembuatan keputusan, termasuk business intelligence, analytics, manajemen data dan solusi yang tertarget.

(S026/B010)

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011