Jakarta (ANTARA News) - Isteri-isteri menteri yang tergabung dalam Solidaritas Isteri Kabinet Indonesia Bersatu atau SIKIB akan ikut aktif dalam menyosialisasikan program keluarga berencana kepada masyarakat.

"SIKIB akan menjadi mitra Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional dalam menyosialisasikan KB," kata Ketua II SIKIB Ratna Djoko Suyanto di Jakarta, Senin.

Ratna menjelaskan, secara teknis SIKIB akan ikut "roadshow" bersama BKKBN ke daerah-daerah untuk menyosialisasikan KB.

"SIKIB juga akan mengadakan `talkshow` yang membahas soal manfaat program keluarga berencana bagi masyarakat," katanya.

Dia juga menambahkan, SIKIB akan melakukan kunjungan rutin ke posyandu di sejumlah daerah dalam rangka sosialisasi KB.

"SIKIB juga akan melakukan sejumlah kegiatan lainnya yang bertujuan untuk sosialisasi KB dan menjadi mitra BKKBN dalam menyukseskan program KB," katanya.

Kegiatan SIKIB tersebut merupakan tindak lanjut dari penandatanganan MoU antara BKKBN dengan SIKIB tentang pelaksanaan revitalisasi program KB nasional beberapa waktu yang lalu.

Tujuan kesepakatan antara lain membangun kemitraan antara BKKBN dengan SIKIB melalui partisipasi aktif dalam peningkatan advokasi dan komunikasi, informasi dan edukasi pelayanan KB bagi masyarakat.

Selain itu untuk melakukan langkah-langkah bersama dalam upaya memberikan advokasi, komunikasi, informasi dan edukasi untuk meningkatkan kesadaran dan kemauan masyarakat dalam hal kependudukan dan KB.

Kepala BKKBN Sugiri Syarief mengatakan sebagai isteri-isteri menteri pasti advokasi KB kepada masyarakat akat lebih lancar dan lebih efektif.

Sugiri juga menambahkan program KB dan kependudukan sesuai dengan peran SIKIB dalam bidang kesejahteraan rakyat.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011