Jakarta (ANTARA News) - Tablet yang sudah lama ditunggu-tunggu dari Research In Motion yaitu BlackBerry PlayBook segera dijual di Amerika Utara mulai  19 April dengan harga dasar 499 dolar, setara dengan harga iPad2 dari  Apple.

Seperti  diberitakan Reuters, RIM  yang pada pekan ini menerbitkan laporan empat bulanannya,  menyebutkan  akan menjual PlayBook  melalui pengecer dan operator nirkabel di Amerika Serikat dan Kanada. Jaringan  Best Buy sudah menerima pre-order.

PlayBook yang Wi-Fi-enabled akan bersaing dengan iPad dan tablet lainnya. PlayBook, seperti juga iPad, tersedia dalam  16 gigabyte, 32 gigabyte dan 64 gigabyte dengan harga masing-masing 499 dolar, 599 dolar dan 699 dolar.

RIM mengatakan Playbook akan dijual di 20 ribu gerai ritel seperti  AT & T, Verizon, RadioShack, Sears Kanada dan Wal-Mart, serta Best Buy.

Perusahaan itu tak berkomentar mengenai rencana penjualan selain Amerika Utara.

"Di semua tempat tak banyak  pilihan selain iPad2. Setengah pasar tablet ada di luar Amerika Utara," kata James Cordwell, analis di Atlantic Equities London.

RIM meluncurkan komputer tablet tujuh-inci tersebut pada bulan September. PlayBook mampu melakukan high-definition video steam ke  layar televisi melalui kabel HDMI, dan pada saat bersamaan pengguna bisa  menjalankan aplikasi lain.

Versi pertama PlayBook disandingkan  dengan smartphone BlackBerry untuk konektivitas. PlayBook juga dapat berhubungan dengan smartphone lain.

"Harganya mungkin tinggi tetapi RIM memiliki keuntungan unik untuk positioning  Playbook sebagai pelengkap peralatan yang sudah punya basis pelanggan. Pertanyaannya, bagaimana PlayBook mendekati mereka yang bukan pemakai BlackBerry," kata Geoff Blaber dari CCS Insight.

Versi yang terhubung langsung ke jaringan seluler akan menyusul pada akhir tahun ini.

Apple menjual hampir 15 juta iPad pada sembilan bulan pertama tahun 2010.PlayBook tak pasang  target setinggi itu, cukup antara 1 juta hingga 4 juta penjualan tahun ini.
(A038/A038)

Penerjemah: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011