Pakar AS: COVID bisa jadi endemi jika semua orang divaksin 'booster'

Pakar AS: COVID bisa jadi endemi jika semua orang divaksin 'booster'

Pakar penyakit menular terkemuka Dr. Anthony Fauci bersaksi di depan Senat AS di Washington, AS, Juli 2021. ANTARA/Pool via REUTERS/J. Scott Applewhite/am.

Washington (ANTARA) - Pakar penyakit menular terkemuka Amerika Serikat Dr. Anthony Fauci pada Selasa (16/11) mengatakan bahwa krisis kesehatan luar biasa saat ini dapat menurun menjadi endemi COVID-19 tahun depan jika pemerintah meningkatkan tingkat vaksinasi.

Vaksin booster (penguat) COVID-19 menjadi sarana penting untuk mencapai ke titik itu, kata Fauci saat wawancara di konferensi Reuters Total Health yang digelar secara virtual selama 15-18 November.

"Bagi saya jika Anda ingin berada di level endemi, Anda harus mencapai tingkat infeksi yang sangat rendah sehingga tidak berdampak pada masyarakat, kehidupan Anda dan ekonomi Anda," kata Fauci.

"Orang-orang masih akan tertular. Orang-orang mungkin masih bisa dirawat di rumah sakit, namun tingkatnya sangat rendah sehingga kami tidak berlarut-larut memikirkannya dan tidak berpengaruh pada apa yang kami lakukan."

Untuk mencapai ke titik itu, katanya, butuh lebih banyak penerima vaksin dan penerima booster.

Jika AS menyediakan vaksin booster bagi siapa saja, kemungkinan negara itu dapat mengendalikan virus corona pada musim semi 2022, lanjut Fauci.

"Lihat apa yang sedang dilakukan negara-negara lain saat ini tentang mengadopsi kampanye booster secara virtual bagi semua orang. Saya rasa, jika kita melakukannya dan menjalaninya dengan sungguh-sungguh, saya kira musim semi nanti kami sudah dapat mengendalikan (virus) ini dengan baik," kata Fauci.

Sumber: Reuters
Baca juga: Fauci dukung vaksinasi COVID wajib bagi anak sekolah AS
Baca juga: Pakar AS: Pfizer akan dijadikan dosis penguat, Moderna masih proses
Baca juga: Fauci dukung vaksinasi COVID wajib bagi anak sekolah AS

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Penerima Sinovac dan AztraZeneca dapat gunakan Pfizer sebagai penguat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar