Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Jepang Takeaki Matsumoto di Kantor Presiden, Sabtu siang.

Takeaki berada di Jakarta untuk menghadiri pertemuan ASEAN-Jepang yang diselenggarakan di Indonesia pekan ini.

Pertemuan Khusus Tingkat Menteri ASEAN-Jepang itu adalah bentuk solidaritas masyarakat ASEAN kepada masyarakat Jepang yang telah dilanda bencana gempa bumi dan tsunami yang dahsyat beberapa waktu lalu.

Jepang merupakan mitra dekat ASEAN yang selama ini konsisten membantu negara-negara ASEAN yang dilanda bencana alam.

Para Menteri ASEAN dan Jepang akan membahas cara-cara dan sarana untuk meningkatkan kerjasama penanganan bencana alam dan bantuan, termasuk upaya pemulihan pascabencana yang meliputi pemulihan, rehabilitasi dan pembangunan kembali.

Pertemuan itu merupakan inisiatif Indonesia selaku Negara Koordinator Dialog Kemitraan ASEAN-Jepang (2009-2012) dan Ketua ASEAN dalam menanggapi bencana gempa bumi dan tsunami di Jepang serta bencana alam lainnya yang menimpa kawasan Asia Tenggara belum lama ini.

Pada Sabtu sore, Presiden Yudhoyono dijadwalkan memberikan sambutan pada pertemuan tersebut yang diselenggarakan di Sekretariat ASEAN.(*)

G003/K005

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011