Jakarta (ANTARA) - Perusahaan konsultan berbasis di Tokyo, Jepang, Missao Corporation akan meluncurkan tiga entitas bisnis terkait seni dan budaya di Indonesia.

"Tiga entitas bisnis yang akan diluncurkan yakni jasa konsultasi yang berkaitan dengan pengangkutan, penyimpanan, restorasi, dan penanganan karya seni, kedua adalah bisnis kualifikasi untuk menangani karya seni, dan ketiga toko online yang menjual karya seni Jepang," ujar Presiden dan CEO Missao Corporation Yasuyuki Korekawa dalam siaran pers di Jakarta, Minggu.

Yasuyuki berharap Indonesia memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat besar di antara negara-negara Asia di masa depan. Dengan pertumbuhan ekonomi itu, minat terhadap budaya dan seni juga diharapkan dapat meningkat.

Baca juga: Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia 2021 mengajarkan kurikulum khusus

Dia menilai Indonesia saat ini belum memiliki infrastruktur yang solid untuk mendukung budaya dan seni.

Untuk itu, kata dia, diperlukan pembangunan infrastruktur transportasi dan penyimpanan karya seni, serta sumber daya manusia yang memiliki keahlian khusus untuk menangani karya seni dengan baik.

Dengan latar belakang tersebut, pihaknya memutuskan untuk memulai bisnis di Indonesia untuk mendukung perkembangan budaya dan seni dengan menyampaikan teknik-teknik canggih Jepang dalam budaya dan seni.

Baca juga: Rakor PTSI di ISI Denpasar hasilkan Peta Jalan Pemajuan Seni Budaya

"Selain itu, karena ada banyak orang di Indonesia yang tertarik dengan budaya dan seni Jepang, kami ingin berkontribusi pada pengembangan lebih lanjut pertukaran budaya dan seni antara kedua negara dengan memperkenalkan budaya dan tradisi Jepang yang sangat baik,” kata dia.

Namun, menurut dia, saat ini belum ada perusahaan transportasi atau pergudangan khusus yang menangani karya seni di Indonesia. Untuk itu, diperlukan keterampilan penanganan seni, di mana volume karya seni yang ditangani diperkirakan akan meningkat di masa mendatang.

Baca juga: IAIN Kendari tampilkan ragam seni budaya Sultra di PWN-PTK XV Sumsel

Missao Corporation saat ini tengah terlibat kerja sama dengan gelaran Art Moments Jakarta Online 2 (AMJO2), yang akan dihelat mulai 22 November 2021.

Selain pameran online, AMJO 2 juga menghadirkan pameran offline yang digelar pada 19-21 November 2021 di Art: 1 New Museum Kemayoran, Jakarta Pusat. AMJO 2 akan menampilkan 1.200 karya oleh 56 peserta dari 16 kota di sembilan negara di Asia dan Eropa.

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021