RM BTS ungkap hambatan sebagai artis K-Pop

RM BTS ungkap hambatan sebagai artis K-Pop

RM BTS. ANTARA/Instagram @bts.bighitofficial

Jakarta (ANTARA) - RM BTS mengatakan pada Minggu (28/11) bahwa dia merasa ada hambatan yang dia sebut sebagai "dinding tak terlihat" bagi artis Korea meskipun sukses di industri musik global.

Mengutip Yonhap, Senin, pernyataan RM tersebut mengacu pada kegagalan BTS untuk mendapatkan empat nominasi teratas di Grammy. Pada ajang tersebut, BTS hanya dinominasikan dalam satu kategori yaitu Best Pop Duo/Group Performance lewat lagu "Butter".

Padahal, kata RM, BTS telah membuat beberapa karya yang menduduki puncak Billboard Hot 100 dan memenangkan penghargaan tertinggi di American Music Awards 2021, yaitu Artist of The Year.

"Kami sudah mendapatkan Artist of The Year di AMA tahun ini dan nominasi di Grammy, yang sangat berarti bagi seorang seniman," kata RM BTS saat konferensi pers di Stadion SoFi di Los Angeles.

Baca juga: V BTS isi soundtrack untuk drama "Our Beloved Summer"

"Namun, saya merasa ada dinding yang tak terlihat, seperti identitas kami sebagai artis yang memulai karir di Korea Selatan dan adanya keterbatasan bahasa," lanjutnya.

Meski demikian, RM mengatakan bahwa BTS selalu mencoba memberikan yang terbaik untuk para penggemarnya.

Pada Sabtu (27/11), BTS mulai menggelar konser luring pertamanya dalam dua tahun di Los Angeles, Amerika Serikat, dan berhasil menarik sekitar 50 ribu penggemar.

RM mengatakan, konser tersebut merupakan awal dari babak baru BTS.

"Pandemi dua tahun terakhir telah menjadi masa yang sulit bagi BTS dan para penggemarnya. Melalui konser ini, kami ingin menunjukkan kepada kalian bagaimana BTS telah tumbuh selama dua tahun ini," katanya.

Baca juga: Melihat "Hallyu" sebagai diplomasi budaya Korea Selatan

Baca juga: BTS sukses gelar konser luring pertama di LA

Baca juga: "Boy With Luv" BTS raih 1,4 miliar views di YouTube

Penerjemah: Suci Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kominfo perluas jaringan 4G di 7.904 titik wilayah 3T

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar