Dari 60 desa yang mengusulkan pemekaran hanya 10 desa yang dianggap memenuhi syarat yang diatur dalam Undang-undang (UU) untuk dimekarkan, sementara 50 desa lainnya tidak memenuhi syarat.
Mamuju (ANTARANews)-Sebanyak 60 desa di Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, mengusulkan untuk dimekarkan menjadi desa yang baru kepada pemerintah di Kabupaten Mamuju.

Anggota DPRD Kabupaten Mamuju, Andi Rudi, di Mamuju, Kamis, mengatakan, sebanyak 60 desa di Mamuju telah mengusulkan kepada pemerintah di Mamuju untuk dimekarkan menjadi desa yang baru.

Menurut Andi Rudi, usulan pemekaran desa tersebut telah diusulkan pemerintah untuk dibahas di DPRD Mamuju namun dewan menolaknya karena desa yang meminta pemekaran tersebut belum memenuhi syarat.

"Dari 60 desa yang mengusulkan pemekaran hanya 10 desa yang dianggap memenuhi syarat yang diatur dalam Undang-undang (UU) untuk dimekarkan, sementara 50 desa lainnya tidak memenuhi syarat," katanya.

Rudi mengatakan desa-desa yang mengusulkan untuk dimekarkan banyak yang tidak memenuhi syarat karena jumlah penduduknya masih sangat sedikit, ditambah luas wilayahnya untuk dimekarkan juga sangat kecil.

"Sebanyak 50 desa dari 60 desa yang mengusulkan untuk dimekarkan pemerintah, jumlah penduduknya tidak mencapai 200 KK atau 1.000 jiwa, sesuai dengan persyaratan untuk menjadi desa yang diatur dalam Undang-undang," kata Rudi.

Selain itu Rudi juga menyebutkan desa-desa tersebut luas wilayahnya tidak mencapai 800 hektar, yakni luasan minimal bagi sebuah desa untuk dimekarkan. Banyak desa yang wilayahnya juga masih bersengketa soal tapal batas.

Oleh karena itu, ujar Rudi, usulan pemekaran desa tersebut ditolak dewan untuk dibahas dan ditetapkan menjadi desa definitif dan berkas permohonan pengajuannya dikembalikan ke desa itu untuk dilengkapi.

"Berkas permohonan desa yang mengusulkan untuk dimekarkan tersebut kami kembalikan karena belum memenuhi syarat untuk dimekarkan. Kami minta desa yang belum memenuhi syarat untuk mekar itu melengkapi berkasnya untuk menjadi desa sesuai yang diatur dalam Undang-undang," katanya.

Di Mamuju sendiri saat ini telah terdapat sekitar 154 desa/kelurahan, dengan rincian 143 desa dan 11 kelurahan.

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011