Denpasar (ANTARA News) - Comtech bersama Telkomsel meluncurkan aplikasi AIRewards untuk pelanggan BlackBerry yang menawarkan beragam hadiah gratis layanan dan program diskon di lebih dari 20 merchant atau jaringan bisnis serta merek ternama di Bali melalui fitur eStamps dan eCoupons.

AIRewards merupakan inovasi layanan mobile reward yang dikembangkan oleh inTouch Innovate Indonesia sebagai pengembang mobile content yang berafiliasi dengan Comtech, kata GM Sales & Customer Service Telkomsel Regional Bali Nusra, Syaiful Bachri di Denpasar, Senin.

AIRewards secara eksklusif dihadirkan untuk pelanggan layanan BlackBerry Telkomsel, baik pengguna kartuHALO, simPATI maupun kartu As, yang jumlahnya meningkat 70 persen dalam waktu 5 bulan terakhir. Kini Telkomsel melayani 1,7 juta pelanggan BlackBerry atau lebih dari 50 persen pangsa pasar BlackBerry di Indonesia.

"Perusahaan kami tumbuh menjadi penyedia layanan BlackBerry yang dipercaya. Kehadiran AIRewards yang memberikan hadiah menarik dan program diskon, untuk mengapresiasi pelanggan sekaligus memberikan manfaat lebih di luar layanan reguler," ujar Ari, sapaan akrab Syaiful Bachri.

Pelanggan bisa menginstal aplikasi AIRewards di www.get.airewards.com. Kemudian mengumpulkan eStamps dengan men-scan barcode quick response (QR) yang tersedia di layanan jaringan bisnis (merchant).

Dijelaskan bahwa eStamps yang terkumpul dalam jumlah tertentu dapat ditukarkan dengan produk dan layanan dari merchant. Caranya menggunakan barcode QR dengan cara memasukkan smartphone BlackBerry ke mesin elektronic data capture (EDC) BlackBerry di kasir toko/jaringan bisnis.

Sementara itu, fitur eCoupons dalam AIRewards memudahkan toko bisnis untuk mendistribusikan kupon diskon, voucher hadiah, atau tiket gratis melalui layanan BlackBerry. Pelanggan akan menerima eCoupons dalam bentuk barcode QR yang bisa di-redeem melalui mesin EDC BlackBerry di jaringan layanan bisnis tersebut.

Solusi eCoupons menawarkan berbagai manfaat dan kenyamanan yang lebih dibandingkan kupon atau voucher konvensional, seperti penyampaian yang cepat dan terukur langsung ke target pengguna serta efisien dari sisi jaringan toko layanan maupun pengguna.

Sementara itu, CEO inTouch, Kendro Hendra, mengatakan bahwa melalui aplikasi berbasis web, merchant dapat menciptakan penawaran baru, mengubah atau memperpanjang program promo, dan memperoleh laporan online secara real time kapan pun.

"Kami percaya layanan ini akan diterima pelanggan karena inovatif, praktis, serta memberikan manfaat nyata. Merchant menyukainya karena besarnya potensi pengguna BlackBerry yang mayoritas adalah segmen pasar menengah-atas. Dengan dukungan perusahaan besar, seperti Telkomsel, Research In Motion, Comtech, MasterCard dan para merchants, AIRewards akan menjadi platform mobile promotion yang berhasil," ujarnya.

Layanan AIRewards juga terintegrasi dengan Facebook, dan sesaat setelah pelanggan sukses me-redeem eCoupons untuk memperoleh hadiah gratis atau kupon diskon, sistem akan secara otomatis mengirimkan update ke status pengguna Facebook.

Melalui eStamps atau eCoupons AIRewards, pelanggan juga bisa mengirimkan kue ulang tahun kepada teman di Facebook saat berulang tahun, di mana teman tersebut cukup melakukan redeem di outlet merchant terdekat di kotanya.

Dalam menghadirkan AIRewards, Comtech bermitra dengan lebih dari 20 merchant dan merek ternama dari berbagai kategori produk dan layanan aneka makanan seperti Burger King, California Pizza Kitchen, Domino?s Pizza, dan Yakun Kaya Toast.

Kemudian jenis minuman Haagen-Dazs, Heavenly Blush, dan Smooch, restoran ChatterBox, Cheese Cake Factory, Red Tomato, XO Suki, hiburan Disc Tarra, Inul Vizta, pasar ritel modern Farmers Market, Karisma, Ranch Market, kosmetik KOSE, KOSE cosmenience, seluler Global Teleshop, OkeShop, serta puluhan merchant lainnya dalam waktu dekat.

"Kami menyambut baik peluncuran AIRewards, layanan inovatif hasil karya anak bangsa untuk pasar Indonesia. AIRewards memberi banyak keuntungan dan informasi yang dibutuhkan oleh konsumen langsung dari smartphone BlackBerry," kata Hastings Singh, Vice President of Sales & Distribution Research In Motion (RIM) Asia Tenggara.

Transaksi di merchant dengan memanfaatkan layanan AIRewards didukung oleh MasterCard sebagai perusahaan penyedia jasa pembayaran global.

"AIRewards merupakan inovasi layanan yang menunjang pembelanjaan secara mobile. Kami secara aktif menyediakan kemudahan dan keamanan transaksi bagi para konsumen pengguna AIRewards untuk mendukung peningkatan aktivitas mobile commerce," ungkap Vadyo Munaan, Vice President and Senior Country Manager Indonesia, MasterCard Worldwide.
(T.T007/M026)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011