La Plata, Argentina (ANTARA News/AFP) - Tuan rumah Argentina yang diperkuat pemain bintang Lionel Messi, mengawali perjuangannya di Copa Amerika dengan hasil mencemaskan ketika ditahan imbang tim papan bawah Bolivia 1-1 di La Plata, Sabtu WIB.

Bolivia pernah mempermalukan Argentina dengans skor telak 6-1 pada kualifikasi Piala Dunia 2010 saat pertandingan berlangsung di La Paz, kota yang berada di daerah ketinggian.

Tapi Bolivia nyaris mencetak sejarah mengalahkan Argentina di kandang sendiri setelah sebelumnya kalah 11 kali ketika Edivaldo Rojas mengoyak gawang tuan rumah pada babak pertama.

Tapi Sergio Aguero berhasil menyelamatkan muka Argentina ketika mencetak gol balasan untuk mengakhiri pertandingan dengan hasil imbang 1-1.

"Mereka (Bolivia) seolah-olah menempatkan seluruh pemain di belakang bola, lalu memarkir mobil sehingga kami tidak bisa menembus pertahanan mereka," kata Messi yang justru bersinar ketika membela Barcelona dengan menyumbang 50 gol musim lalu.

Tapi ironisnya, Messi juga gagal memperlihatkan ketajamannya dan mandul bila membela kostum tim nasional Argentina.

"Bukan kondisi seperti itu yang kami inginkan dan kami merasa sedih," kata Messi.

"Sekarang kami menyadari bahwa kami harus berjuang di penyisihan grup dengan mengalahkan Kolombia dan Kosta Rika," katanya menambahkan.

Bagi Bolivia, dengan hasil tersebut mereka berharap untuk terus melanjutkan langkah dan lolos ke babak berikutnya.

Sementara itu Messi mengatakan bahwa Argentina harus kembali berjuang dan mengevaluasi apa yang sudah dilakukan secara benar dan mana yang masih belum bagus agar bisa berasa di jalur kemenangan.

"Kami harus tetap tenang. Kami memang belum mengawali sebaik yang kami harapkan, tapi kami harus memperbaiki penampilan pada pertandingan berikutnya," katanya.

Aguero, pemain yang menyelamatkan Argentina dari kekalahan, mengakui bahwa semangat juang Bolivia patut dpuji.

"Sekarang kami harus tampil lebih baik setelah Kolombia membuat kami bekerja keras. Pada awalnya saya mengira bahwa kami sudah mengawali pertandingan dengan baik sebelum mereka mencetak gol," kata Aguero, penyerang Atletico Madrid dan juga menantu mantan pelatih Diego Maradona.

Seperti biasa, Aguero mengatakan bahwa gol penyelamat tersebut dipersembahkan kepada keluarganya.

Carlos Teves, penyerang Argentina lainnya, juga mengingatkan bahwa Argentina harus bekerja keras jika mereka tidak ingin dipermalukan di hadapan pendudung sendiri.

"Kami sadar bahwa kami harus berjuang keras di Copa," kata penyerang Manchester City tersebut.

"Kami harus tetap tampil tenang karena jika kehilangan semangat akan membuat kondisi lebih buruk," kata Tevez.

"Hari ini kami tidak banyak mencetak gol, serangan juga tidak berjalan dengan baik. Kami akan berusaha untuk meningkatkan permainan kami," katanya.

Argentina yang telah 14 kali tampil sebagai yang terbaik di wilayah Amerika Selatan, sama dengan rekor Uruguay, 032)punya waktu lima hari untuk mempersiapkan diri menghadapi Kolombia, Rabu (Kamis WIB) di Santa Fe, sebelum berhadapan dengan Kosta Rika, tim yang bertanding di Copa Amerika sebagai tamu khusus, menggantikan Jepang.(*)

(A032/A011)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011