Tenis

Denis singkirkan Zverev untuk hadapi Nadal di perempat final Melbourne

Denis singkirkan Zverev untuk hadapi Nadal di perempat final Melbourne

Denis Shapovalov dari Kanada beraksi selama pertandingan penyisihan grup melawan Jan-Lennard Struff dari Jerman selama Piala ATP di Sydney Olympic Park, Sydney, Australia, Kamis (6/1/2022). ANTARA FOTO/REUTERS/Asanka Brendon Ratnayake/aww/sa.

Selalu menjadi suatu kehormatan untuk melawan orang seperti Rafa
Jakarta (ANTARA) - Lewat kemenangan atas Alexander Zverev, petenis peringkat 14 dunia Denis Shapovalov melenggang ke babak perempat final Australian Open 2022 untuk menghadapi peraih 20 gelar Grand Slam, Rafael Nadal.

Denis dipastikan bakal bertemu Nadal untuk kelima kalinya lewat kemenangan 6-3, 7- 6(5), 6-3 atas peraih medali emas Olimpiade Tokyo asal Jerman itu pada babak keempat yang berlangsung di Margaret Court Arena, Melbourne.

"Dari pertandingan di sini (Australian Open), mungkin kemenangan ini adalah hasil yang tidak pernah saya duga. Saya sangat senang dengan penampilan hari ini, jelas sangat menyenangkan," kata Denis soal pertandingannya, Minggu.

Baca juga: Nadal amankan posisinya ke perempat final Australian Open 2022

Teriknya matahari Melbourne, tidak menghambat permainan Denis yang penuh ketenangan untuk meredam tekanan petenis peringkat tiga dunia itu.

Setelah melewati ujian dari babak ketiga saat menghadapi Reilly Opelka, Denis kembali menampilkan kualitas yang terlihat sempurna untuk mengungguli Zverev. Ia mematahkan servis Zverev dan unggul 3-1 pada set pembuka.

Zverev menunjukkan frustrasinya saat Denis kembali mematahkan servis pada set kedua, ditambah tujuh kesalahan sendiri membuat petenis Kanada itu mencuri keunggulan dan memimpin skor.

Denis tampak serius sepanjang pertandingan, dengan mencetak 35 winner dan memenangi 81 persen (22/27) poin dari permainan di area depan net. Meski menghadapi lawan yang ulet, namun Denis sukses menyingkirkan Zverev dan mencapai perempat final Grand Slam untuk ketiga kalinya.

Baca juga: Medvedev lolos ke 16 besar Australian Open untuk keempat kalinya

"Sepertinya saya bermain sangat baik, benar-benar menguasai pukulan saya dari kedua sayap. Rasanya segalanya berjalan sesuai keinginan saya sejak awal. Saya sempat kehilangan sedikit momentum pada set kedua, tetapi beruntung saya bisa bangkit," kata Denis.

Menjelang pertemuannya dengan Nadal, Denis tertinggal 1-3 dalam catatan pertandingan ATP.

"Selalu menjadi suatu kehormatan untuk melawan orang seperti Rafa. Pertandingan dengannya akan selalu menjadi pertarungan sulit, tapi saya pasti akan menikmatinya," pungkas Denis, seperti dilansir laman resmi ATP Tour.

Baca juga: Zverev menang di lapangan Australian Open favoritnya

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar