Jakarta (ANTARA News) - Masih ingatkah anda dengan presenter kuliner Indonesia yang terkenal dengan kata "Maknyus!!!", ya baru-baru ini Bondan Winarno yang juga wartawan membeberkan rahasia hidup sehatnya.

Bondan mengatakan profesi sebagai presenter program kuliner memiliki tantangan yang luar biasa karena dia harus menghindari makan-makanan yang nikmat, jika tidak memperhatikan keseimbangan makanan, maka dapat memicu berbagai macam penyakit.

"Saya berusaha mengimbanginya dengan banyak minum air putih berkualitas,” kata Bondan Winarno salah satu brand endorser It’s In Me Aqua Danone.

Sementara itu, Asisten Brand Manager Danone Aqua Aryateja Gondhowiardjo mengatakan, Aqua Danone membuat program wisata kuliner untuk masyarakat Jakarta sebagai wujud komitmen Aqua untuk mensosialisasikan ajakan hidup sehat kepada masyarakat Indonesia melalui kampanye nasional AQUA It’s In Me – Mulai Hidup Sehat Dari Sekarang.

"Aqua Danone mengajak masyarakat kota Jakarta untuk menikmati kuliner Indonesia dengan cara yang sehat," katanya dalam siaran pers yang diterima ANTARA News pada Senin (11/7).

Acara itu didukung oleh beberapa pakar kesehatan dan brand endorser It's In Me,  Bondan Winarno, Becky Tumewu dan Denny Sumargo.

Aryateja mengatakan makanan sehat sering identikan dengan makanan yang rasanya kurang lezat tapi sebenarnya untuk memulai hidup sehat, bukan berarti kita harus menghindari makanan-makanan yang kita senangi tapi kita harus cermat memiilih makanan, menjaga porsi dan menyeimbangkan menu yang kita pilih.

"Misalnya, kita masakan padang, kita dapat memilih menu yang kandungan minyak dan kolestrolnya rendah seperti ayam pop dan serat yang berasal dari daun singkong," katanya.

Aryateja mengatkan dalam sekali makan, menu idealnya adalah 55-60 persen karbohidrat, 15-20 persen protein, 25 persen lemak, dan serat minimal 25 gram sehari.

(Adm/S026)

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011