Kupang (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur Irjen Pol Setyo Budiyanto mengecek langsung kesiapan dari personel Brimob di Labuan Bajo, Manggarai Barat dalam rangka pengamanan kegiatan KTT G20 di daerah itu.

"Kedatangan saya ke Labuan Bajo, selain untuk melaksanakan tugas lain, tetapi tujuan saya ke sini juga untuk memantau kesiapan personel Brimob dalam hal pengamanan KTT G20," katanya dalam keterangan yang diterima ANTARA di Kupang, Minggu.

Kapolda NTT berharap agar personel yang ada tetap menjalankan tugasnya dengan baik, dan tetap siaga dalam menjaga keamanan di daerah tersebut yang merupakan daerah kawasan wisata super prioritas.

Ia berpesan agar sejumlah personel Brimob di daerah itu yang jumlahnya dirahasiakan itu dapat tetap semangat dalam menjalankan tugas serta selalu siap sedia jika dibutuhkan dalam menjalankan pengamanan di daerah itu.

"Tetap semangat dalam melaksanakan tugas dan selalu siap siaga pada saat dibutuhkan dalam situasi apapun," pintanya.

Lebih lanjut ujar dia, kedatangannya ke daerah tersebut khususnya langsung ke Mako Brimob Labuan Bajo juga untuk memberikan perhatian dan motivasi kepada personel yang bertugas di daerah wisata itu.

Dalam wawancara langsung kepada ANTARA pada Kamis (27/1) lalu, Kapolda NTT mengatakan bahwa secara umum Polda NTT siap mengamankan jalannya pelaksanaan KTT G20 di daerah itu.

Personel sendiri ujar dia sudah disiapkan dan hanya berasal dari wilayah kerja Polda NTT saja, sebab personel yang ada ujar dia cukup memadai.

Kepulangan ratusan personel Brimob Polda NTT dari Papua usai jalankan misi pemberantasan KKB dapat membantu pengamanan di daerah itu.

Tentunya pengalaman yang banyak dari personel Brimob Polda NTT berada di wilayah konflik akan sangat membantu dalam hal pengamanan dan antisipasi berbagai hal yang mengancam keamanan di daerah itu.

Hingga saat ini ujar dia situasi keamanan di Labuan Bajo yang menjadi lokasi KTT G20 aman dan kondusif. Ia pun berharap agar masyarakat di daerah itu membantu menjaga keamanan dan ketertiban di daerah itu.

Baca juga: KemenPUPR kurangi penggunaan bahan beton jelang KTT G20 di Bali
Baca juga: Personel Brimob Polda NTT yang BKO di Papua kembali ke Kupang
Baca juga: Dipromosikan jadi Kapolda NTT, Direktur Penyidikan KPK pamit

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022