Jakarta (ANTARA) - Telegram kembali melakukan pembaruan pada aplikasinya yang kini sudah mencapai versi pembaruan 8.5 dan digadang-gadang semakin mudah untuk digunakan oleh penggunanya.

Pembaruan terbaru telegram di awal 2022 ini difokuskan untuk memberikan pengalaman mengobrol yang lebih menyenangkan karena difokuskan pada pembuatan stiker dan emoji yang terlihat semakin mumpuni.

Melansir GizmoChina, Kamis, berikut beberapa pembaruan yang dibawa Telegram pada pembaruan versi 8.5.
​​
Baca juga: Telegram akan sediakan langganan berbayar

Pembaruan pertama adalah video stiker, pada fitur ini pengguna bisa dengan mudah membuat stiker video dengan mudah.

Mengapa mudah? Karena pengguna tinggal mengunggah video yang diinginkan untuk dijadikan stiker ke bot khusus Stiker dalam format (.WEBM).

Selain stiker video, Telegram juga menghadirkan beragam reaksi atau emoji terbaru di aplikasinya.

Ada semakin banyak animasi hingga reaksi menarik dan pengguna bisa menekan dan menahan cukup lama reaksi yang diinginkan di dalam menu reaksi untuk mengirimkan efek yang diinginkan.

Dari segi emoji, Telegram menghadirkan lima reaksi baru untuk penggunanya bisa menghadirkan emosi yang lebih luas dalam percakapan daringnya.

Fitur itu bahkan menawarkan efek layar penuh dalam chat personal dan bukan di grup.

Dari segi navigasi, Telegram juga menghadirkan pembaruan. Kini pengguna bisa menahan tombol "Back" untuk melihat semua chat terbaru dalam daftar "popup" yang kecil.

Cara ini dapat digunakan oleh pengguna yang membutuhkan jalan pintas ketika tengah melakukan obrolan dengan lebih dari satu pengguna.

Baca juga: Brazil pertimbangkan tutup Telegram jelang pemilu

Baca juga: Jerman ancam akan tutup Telegram

Baca juga: Tentara Swiss berhenti pakai WhatsApp dan Telegram

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022