Jakarta (ANTARA) - Acara realitas "Single's Inferno" mengisahkan pencarian jodoh, para lajang ditempatkan di pulau terpencil yang minim fasilitas. Mereka hanya bisa ke luar pulau jika menemukan teman kencan, lalu berkencan ke hotel mewah.

Dalam acara ini, ada lima pria lajang dan empat perempuan lajang yang punya karakter berbeda-beda. Fakta bahwa mereka tidak saling mengetahui usia dan pekerjaan satu sama lain di awal episode, membuat reality show ini semakin menarik.

Mak Comblang profesional sekaligus CEO dari Lunch Actually, Violet Lim, memberikan kiat-kiat seputar pelajaran cinta dalam acara realitas yang bisa Anda terapkan di dunia nyata.

Dalam keterangan resmi, Kamis, Violet memberikan lima pelajaran berharga bagi kaum Adam.

Baca juga: Kiat memulai obrolan di aplikasi kencan

Baca juga: Tips cari pasangan di dunia maya

Pertama, tahu kapan harus melakukan tarik ulur
Banyak dari wanita lajang dalam reality show tersebut memaparkan bahwa tipe ideal mereka adalah pria yang dapat menyuarakan isi hati serta berinisiatif tinggi.
​​​
Di sisi lain, pria lajang wajib mengetahui perbedaan antara memiliki inisiatif dan terlalu agresif. Berbeda dengan pria, wanita butuh waktu lebih untuk membangun koneksi dan menyampaikan bentuk ketertarikan kepada lawan jenis.

"Tunjukkanlah bahwa kamu tertarik pada mereka dengan cara memberikan perhatian, menanyakan pertanyaan tentang wanita tersebut, hingga menghabiskan waktu bersama. Namun, setelah melakukan 'tarik', para pria dapat melangkah mundur sementara untuk 'mengulur' - sambil memberi kesempatan kepada para wanita untuk merespons atau mungkin membuat para wanita merasa sedikit kangen."

Kedua, jujur pada diri sendiri
Butuh usaha untuk bertemu orang baru dan menjalin hubungan baru. Sepanjang acara, para lajang harus mengungkapkan perasaan mereka dengan mengirimkan pesan rahasia kepada orang yang mereka sukai, mengajak mereka berbicara empat mata, atau berkencan di pulau Paradise.

Pada saat yang sama, ada saatnya para pria kehilangan minat dan tidak lagi menyukai wanita yang sudah mereka ajak kencan dan berbicara empat mata, tapi semuanya sah-sah saja. Yang terpenting, ketahui apa yang Anda inginkan dan jangan membiarkan orang lain kebingungan. Bersikaplah dengan tegas dan jelas.

Ketiga, jangan terlalu cepat menilai
Ketika para lajang bertemu untuk kali pertama, para lelaki mengungkapkan ketertarikan pada perempuan berdasarkan penampilan fisik dan kesan pertama.

Namun, ketika mereka sudah mengenal lebih baik satu sama lain, mereka menyadari bahwa kepribadian wanita yang mereka sukai, sebenarnya berbeda dengan apa yang mereka pikirkan pertama kali.

"Dalam berkencan, cobalah untuk menghabiskan lebih banyak waktu dan coba untuk mengenali teman kencan terlebih dahulu sebelum menilai mereka terlalu cepat. Faktanya, Anda mungkin terkejut karena perbedaan dari yang kamu nilai pertama kali."

Empat, punya selera humor jadi daya tarik tersendiri
Setelah melalui hari yang cukup panjang, memiliki seseorang yang tahu cara menghibur kita adalah hal yang luar biasa. Violet mencontohkan, Oh Jin Taek sangat menonjol dalam hal ini, mengingat dirinya sering melontarkan kata-kata lucu dan lelucon yang membuat teman kencannya merasa terhibur hingga tertawa terbahak-bahak. Dengan hal tersebut, pasangannya merasa lebih nyaman.

"Anda tidak perlu menjadi standup comedian yang mengeluarkan banyak punchline, hanya saja, jangan menempatkan diri kamu sebagai orang yang terlalu serius. Tonjolkan sedikit saja selera humor yang kamu miliki untuk bisa memikat hati wanita."

Baca juga: Berminat cari pasangan via aplikasi kencan? Simak tips dari psikolog

Kelima, beri pujian tulus dan spesifik
Semua orang suka dipuji dan dihargai orang lain. Violet menuturkan, dalam acara tersebut salah satu peserta pria, Moon Se-hoon, memasak dengan sangat baik, kita bisa melihatnya selalu menyiapkan makanan untuk semua orang.

Meskipun dia melakukan sebagian besar pekerjaan, kita tetap dapat melihat dia mengakui kepada semua orang, bahwa salah satu perempuan lajang dapat memasak hidangan dengan baik.

Dirinya bahkan mengirim pesan kepada perempuan tersebut bahwa itu adalah nasi goreng terenak yang pernah dia coba. Dia melakukannya lagi di episode lainnya, dia memberikan kredit dan pujian kepada perempuan lajang lain.

"Ini adalah langkah kecil namun sangat bijaksana dan penting dalam membuat seseorang jatuh cinta kepada Anda."

Violet pun memberikan kiat untuk para perempuan lajang berdasarkan apa yang Song Ji A, perempuan lajang paling populer di acara tersebut, lakukan untuk memikat hati para pria.

Pertama, tunjukkan sisi terbaik Anda
Sejak pertama kali tampil, Song Ji A punya penampilan menarik dengan rambut indah, riasan tanpa cela dan busana yang modis. Acara tersebut menampilkan Ji A yang berusaha keras untuk selalu tampak menawan karena memahami dia berada di acara realitas pencarian jodoh. Dia menaydari pentingnya terlihat menarik.

"Hal ini merupakan hal yang selalu kami ingatkan kepada para lajang untuk selalu berusaha menampilkan yang terbaik dari diri mereka terutama saat akan berkencan, karena betapa pentingnya kesan pertama untuk menarik hati teman kencan kita."

Kedua, kuasai seni menggoda pasangan
Perempuan masa kini mandiri, pintar dan berani untuk mengambil keputusan besar dalam hidupnya, termasuk dalam hal memilih pasangan. Jangan takut untuk menyuarakan hal tersebut.

Jika kamu memiliki ketertarikan terhadap seorang pria, tunjukkanlah ketertarikan tersebut dengan memulai langkah inisiatif.

Selama reality show berlangsung, Ji A tidak agresif dalam mengejar orang yang dia suka, atau tidak juga mengajak pria tersebut berkencan terlebih dahulu, tapi dia selalu bisa menempatkan diri seperti dengan tertawa ketika teman kencannya membuat lelucon, menjaga tatapan mata lembut dan menggoda, menjawab setiap pertanyaan dari teman kencannya dengan percaya diri namun bersuara lembut, membuat membuat komentar lucuyang membuat hati para pria berdebar. Semua hal ini sangat memikat dan akan menarik perhatian para pria dan membuat mereka jatuh cinta pada Ji A.

Ketiga, menunjukkan sisi berbeda
Meski Ji A menunjukkan ia terbuka untuk mengenal pria lebih jauh, dia tetap punya sisi misterius.

"Tentu saja dalam berkencan kamu ingin menunjukkan sifat kamu kepada teman kencanmu, tapi kamu juga bisa membuat teman kencanmu merasa penasaran."

Keempat, memainkan kekuatan yang Anda miliki
Perempuan yang menarik tak selalu harus bersinar setiap saat. Misalnya, perempuan introvert kadang khawatir karena tidak mudah menyuarakan apa yang ada di pikiran. Masing-masing orang punya kekuatan dan kelemahan tersendiri.

"Kenali diri sendiri dan kekuatan yang ada dalam dirimu, mainkanlah kekuatan tersebut hingga membuat para pria tergila-gila."

Kelima, buat para pria bersemangat saat membahas masa depan
Hal lain baik lain yang Ji A lakukan adalah berbicara atau menyiratkan tentang masa depan yang membuat pria bersemangat tentang apa yang akan mereka miliki bersama nantinya. Pendapat seperti “Kamu pikir aku manis sekarang? Aku jauh lebih manis loh kalau sama pacar sendiri.

Kamu pasti kaget nanti.” Petunjuk ini cukup untuk membuat para pria berpikir dan bertanya-tanya tentang kemungkinan kebersamaan mereka di masa depan dan seperti apa jadinya nanti. Teknik menggoda ini adalah sesuatu yang bisa dicoba kaum hawa di kencan selanjutnya.

Baca juga: Tips pikat calon pasangan lewat platform digital ala Joshua Suherman

Baca juga: Pasangan China yang terjebak dalam kencan "lockdown" kini bertunangan

Baca juga: Tiga tips kencan online sukses di malam Minggu

Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022