Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Minggu (6/2) mulai dari Kementerian Perhubungan menerbitkan SE Nomor 11 Tahun 2022 petunjuk perjalanan luar negeri hingga Menteri BUMN Erick Thohir akan membuat ekosistem air bersih.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. SE Perjalanan Luar Negeri

Kementerian Perhubungan menerbitkan SE Nomor 11 Tahun 2022 petunjuk perjalanan luar negeri untuk melakukan pemantauan, pengendalian, dan evaluasi guna mencegah terjadi peningkatan penularan COVID-19 termasuk SARS-CoV-2 varian baru.

"Pelaku perjalanan luar negeri yang berstatus Warga Negara Indonesia (WNI) dari luar negeri diizinkan memasuki Indonesia dengan tetap mengikuti protokol kesehatan ketat sebagaimana ditetapkan Pemerintah," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto.

Berita selengkapnya klik di sini

2. Seleksi anggota badan pelaksana dan dewan pengawas BPKH

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) membuka seleksi pendaftaran untuk calon anggota badan pelaksana dan dewan pengawas periode 2022-2027 bagi putra-putri terbaik bangsa yang memiliki kompetensi dalam industri keuangan syariah.

Ketua Panitia Seleksi Pemilihan dan Penetapan Calon Anggota Badan Pelaksana dan Calon Anggota Dewan Pengawas BPKH Mardiasmo mengatakan seleksi pendaftaran akan dilakukan secara online maupun offline.

Berita selengkapnya klik di sini

3. Kapal dari Pelabuhan Ketapang pindah ke Jangkar

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana memindahkan sebanyak enam kapal dan dua lintasan dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi ke Pelabuhan Jangkar, Situbondo.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan rencana tersebut dilakukan dalam meningkatkan layanan angkutan penyeberangan yang kian diminati masyarakat khususnya menuju Lembar dan Kupang.

Berita selengkapnya klik di sini

4. IKM elektronik dan produsen besar genjot TKDN

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menjodohkan industri kecil dan menengah (IKM) sektor elektronik dengan produsen besar guna mengakselerasi peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN).

Upaya tersebut juga sejalan dengan upaya optimalisasi tingkat komponen dalam negeri (TKDN) di sektor industri, sehingga memacu kemandirian dan daya saing nasional, serta mempercepat substitusi impor.

Berita selengkapnya klik di sini

5. Ekosistem air bersih

Menteri BUMN Erick Thohir akan membuat ekosistem baru yakni ekosistem terkait air bersih dalam rangka perbaikan air bersih bagi masyarakat dan petani.

"Kami di BUMN sedang membuat suatu ekosistem baru yakni ekosistem air bersih. Tapi saya tidak mau cepat-cepat karena baru diumumkan tiga bulan lagi," ujarnya.

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2022