London (ANTARA News) - Empat perempuan pecatur Tanah Air meraih berbagai predikat membanggakan dalam turnamen catur internasional bertajuk Festival Catur Biel Ke-44, yang berlangsung pada 18-30 Juli di Biel, Swiss.

Kepala Fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya KBRI di Bern, Budiman Wiriakusumah, dalam keterangan persnya yang diterima ANTAR London, Senin, menyebutkan, turnamen catur ini ditujukan untuk mempersiapkan para pecatur Indonesia menghadapi Sea Games XXVI yg akan dilaksanakan di kota Palembang, Sumatera Selatan, bulan November mendatang.

Para perempuan pecatur Indonesia yang berhasil mengukir prestasi tahun ini adalah Irene Kharisma Sukandar, yang menduduki peringkat pertama kelompok putri catur kilat (blitz), sementara Susanto Megaranto berada di posisi keempat.

Pada kategori master, Sukandar juga mendapat predikat subkategori Perempuan Pecatur Terbaik Kedua, sedangkan posisi pertama pada subkategori itu adalah Kadek Lin Dwi Jayanti.  Juara pertama catur klasik diraih Chelsea Monica Sihite, pula Dewi Ardiani Chitra mendapatkan gelar Master Internasional Norm.

Setelah turnamen di Biel ini, para pecatur Indonesia akan mengikuti turnamen junior di Satka, Rusia, pada 12-24 Agustus 2011, dilanjutkan dua kejuaraan dunia di Kantimasise, juga di Rusia, dari 26 Agustus hingga 15 September 2011.

Pecatur indonesia berkesempatan mengikuti kejuaraan dunia karena telah lolos pada kejuaraan tahun lalu di Filipina. (ANT/ZG)



Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011