Jakarta (ANTARA) - Perusahaan ekspedisi PT Lion Express atau Lion Parcel mengatakan pihaknya berkomitmen untuk memperkuat layanan logistik, mulai dari inovasi hingga infrastruktur, bertepatan dengan sembilan tahun kehadirannya di Indonesia.

"Ini menjadi suatu perjalanan yang tidak terasa sekaligus juga menantang. Kompetisi di dunia logistik sangat menantang, banyak kompetitor yang lebih dulu dari kami, yang expert, tapi karena menantang jadi menyenangkan," kata Chief Marketing Officer Lion Parcel Kenny Kwanto saat konferensi pers virtual pada Senin.

Kenny mengatakan jumlah armada darat Lion Parcel telah bertumbuh, hingga saat ini mencapai 3.000 unit seiring dengan permintaan layanan logistik yang meningkat.

Kenny mengatakan pihaknya juga berencana untuk menambah jaringan internasional yang saat ini sudah hadir di 10 negara. Bisnis logistik, kata Kenny, diprediksi masih menarik pada tahun-tahun mendatang.

"Kami melihat bisnis logistik ini bertumbuh sangat cepat. Lion Parcel terkenal dengan pengirimannya yang sangat cepat karena menggunakan armada pesawat terbang hingga ke Indonesia bagian Timur. Tapi kami juga melihat untuk antarkota dan antarpulau itu juga sangat pesat pertumbuhannya. Solusinya adalah penambahan armada darat," kata Kenny.

Baca juga: Transaksi Lion Parcel tumbuh 30 persen pada kuartal I 2021

Selain dari sisi armada, pertumbuhan layanan Lion Parcel juga didukung oleh lebih dari 7.000 agen 15.000 kurir antar.

Kenny menyebutkan performa bisnis Lion Parcel tumbuh positif dari tahun ke tahun. Pada 2021, jasa ekspedisi itu mencatat pertumbuhan volume pengiriman dengan rata-rata mencapai 4,5 juta paket per bulan. Hal tersebut turut berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan perusahaan hingga 40 persen secara year-on-year.

Selain itu, jumlah pengiriman paket melalui aplikasi meningkat hingga 600 persen. Peningkatan ini, kata Kenny, didominasi oleh pelanggan dari generasi milenial dan Z yang lebih tertarik dengan layanan ekspedisi yang langsung dijemput oleh kurir melalui aplikasi.

Pada perayaan tahun kesembilannya, perusahaan itu mengusung tema #SemakinJA9O. Kenny mengatakan pemilihan nama tema tersebut sesuai dengan keberhasilan layanan Jagopack yang baru diluncurkan pada Oktober tahun lalu.

"Jagopak menjadi salah satu layanan kami yang pertumbuhannya cukup signifikan. Belum sampai satu tahun, tapi sudah di peringkat kedua di Lion Parcel di bawah layanan regular," ujar Kenny.

Untuk menyemarakkan ulang tahunnya, kali ini Lion Parcel juga menawarkan beragam program promosi #SemakinJA9O untuk pelanggan.

Promo tersebut antara lain cashback ongkos kirim (ongkir) 90 persen untuk pengiriman paket melalui agen, aplikasi Lion Parcel, serta platform e-commerce; cashback hingga 20 persen untuk seller di Tokopedia; gratis ongkir di Tokopedia hingga Rp20.000; serta gratis ongkir untuk Waktu Indonesia Belanja di Tokopedia.

Baca juga: Motor listrik GESITS jadi armada antar paket Lion Parcel

Baca juga: JAGOPACK sediakan promo baru

Baca juga: Lion Parcel resmikan layanan pengiriman JAGOPACK

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022