kasus kematian nihil penambahan
Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung mencatat telah terjadi penambahan pada kasus harian terkonfirmasi positif COVID-19 di daerah itu sebanyak 309 kasus.

"Penambahan kasus harian terkonfirmasi positif COVID-19 Lampung ada 309 orang," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana, melalui keterangan tertulis di Bandarlampung, Senin.

Ia menjelaskan, adanya penambahan kasus sebanyak 309 orang itu telah menambah jumlah kumulatif kasus dari 52.934 orang menjadi 53.243 orang.

"Penambahan kasus positif ada di 14 kabupaten dan kota di Provinsi Lampung," katanya.

Baca juga: Airlangga: Kepatuhan prokes kunci atasi perluasan COVID-19
Baca juga: Dinkes Lampung catat penambahan 369 kasus positif COVID-19

Dia merincikan, penambahan itu ada di Kota Bandarlampung sebanyak 86 kasus, Metro 9 kasus, Kabupaten Pringsewu 15 kasus.

"Selanjutnya di Kabupaten Pesawaran ada 15 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19, Lampung Utara 25 orang, Lampung Tengah 26 orang, Lampung Timur 22 orang," ucapnya.

Ia melanjutkan, di Kabupaten Lampung Selatan ada 65 kasus positif, Waykanan 18 kasus, Mesuji 4 kasus, Tanggamus 1 kasus, Tulang Bawang 10 kasus, Tulang Bawang Barat 3 kasus dan Pesisir Barat 10 kasus.

"Selain penambahan pada kasus positif COVID-19 telah terjadi penambahan juga pada kasus sembuh dari COVID-19 sebanyak 110 orang," ujarnya lagi.

Baca juga: RSUDAM siap tambah 94 tempat tidur tambahan antisipasi eskalasi kasus
Baca juga: Dinkes Lampung: Komorbid jadi kendala percepatan vaksinasi dosis dua

Menurutnya, penambahan 110 kasus sembuh itu telah menambah jumlah kumulatif kasus kesembuhan dari 45.965 orang menjadi 46.075 orang.

"Untuk kasus kematian nihil penambahan kasus, jadi total tetap 3.842 orang meninggal dunia, lalu pada kasus suspek ada 17 orang dalam pantauan," ucapnya pula.

​​Dia menjelaskan, adanya penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 yang cukup tinggi dalam beberapa pekan terakhir terjadi akibat adanya perluasan penelusuran kasus dan tes COVID-19.

"Inti utama yang harus kita lakukan saat ini adalah pertama melakukan percepatan vaksinasi dan yang kedua adalah taat protokol kesehatan terutama menggunakan masker," kata Reihana.

Baca juga: Gubernur Lampung minta kab/kota batasi kegiatan masyarakat

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022