tanah di lokasi sirkuit yang lembek harus diperkeras terlebih dahulu
Jakarta (ANTARA) - BUMD PT Jakarta Propertindo (Jakpro) saat ini tengah mengerjakan Lintasan Formula E di Ancol Jakarta Utara dengan target pada April 2022 rampung.

"Sedang pengerjaan treknya. Saat ini sedang di posisi fase awal, dengan pengerasan tanah," kata Direktur Pengelolaan Aset PT Jakpro sekaligus Vice Managing Director Formula E Gunung Kartiko di Jakarta, Rabu.

Gunung menjelaskan tanah di lokasi sirkuit yang lembek harus diperkeras terlebih dahulu kemudian disambung dengan beberapa teknik pembuatan trek sirkuit.

"Ada teknik-teknik khusus yang dilakukan supaya tanah itu sebelum kita kasih base A, base B, sebelum dikasih material, kasih aspal, itu sudah bagus," ujar dia.

Gunung sendiri yakin proses pengerjaan sirkuit Formula E dapat diselesaikan tepat waktu yakni  April 2022.

"April sebenarnya bisa tuntas, kemudian apabila trek sudah tuntas kami harus siapkan pendukungnya yakni memasang barier dan itu cukup waktu untuk balapan di Juni 2022," ucapnya.

Sebelumnya,  Jakpro berencana untuk memamerkan (showcase) sirkuit Jakarta E-Prix dalam waktu dekat.

"Nantikan waktunya kami akan showcase sirkuit Jakarta E-Prix, dalam waktu dekat," kata Gunung melalui keterangan tertulis, Selasa (15/2).

Gunung menjelaskan, proses pengerjaan sirkuit Formula E dengan spesifikasi teknis standar Federasi Otomotif Internasional (FIA) grade 1 dapat dikerjakan tepat waktu.

Gunung cukup optimistis sirkuit akan rampung tepat waktu karena lintasan untuk Formula E lebih pendek dibandingkan dengan lintasan Formula 1, maupun Moto GP.

"Hal ini sudah diverifikasi dengan FEO dan dimonitor progres setiap hari selama 24 jam melalui control tower dan project management system digital dengan tingkat akurasi monitoring yang tinggi," ujarnya.
Baca juga: Jakpro jamin pengerjaan Formula E berkualitas dan tepat waktu
Baca juga: Jakpro rencanakan jual tiket Formula E Jakarta mulai Maret 2022
Baca juga: DPRD DKI kritik rencana penjualan tiket Formula E

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022