Riyadh (ANTARA) - Perusahaan raksasa minyak Arab Saudi, Saudi Aramco sedang dalam pembicaraan dengan mitra di China tentang investasi lebih lanjut di negara itu, kata CEO Amin Nasser, Senin (21/2/2022).

"China adalah bagian penting dari pangkalan Aramco," kata Nasser kepada wartawan di sela-sela konferensi di Arab Saudi.

"Dan kami saat ini sedang berdiskusi dengan sejumlah mitra kami di China untuk lebih banyak investasi," katanya, menolak untuk mengungkapkan sifat atau ukuran investasi potensial tersebut.

Nasser mengatakan tahun lalu bahwa Aramco mengharapkan peluang untuk investasi lebih lanjut dalam proyek-proyek hilir di China - importir minyak mentah terbesar di dunia - untuk membantu negara itu memenuhi kebutuhannya akan transportasi berat dan bahan kimia, serta pelumas dan bahan non-logam.

Dia mengatakan pada konferensi pada Senin (21/2/2022) bahwa sementara permintaan minyak secara global hampir mencapai tingkat pra-pandemi, investasi di sektor ini tidak memadai untuk mempertahankan pasokan global dalam jangka pendek hingga menengah.

Aramco sedang berupaya meningkatkan kapasitas berkelanjutan maksimumnya menjadi 13 juta barel per hari pada tahun 2027, Nasser mengatakan kepada wartawan, dari 12 juta barel per hari saat ini.

"Ini akan menjadi pembangunan bertahap dari '25 hingga '27," katanya.


Baca juga: Saudi Aramco sepakati dukungan untuk transisi motorsport berkelanjutan


Perusahaan akan mengalokasikan lebih banyak modal untuk investasi, termasuk untuk meningkatkan kapasitas berkelanjutan maksimum dan pasokan gas.

"Kami akan, segera, mengadakan earnings call (konferensi antara manajemen perusahaa, analis, investor, dan media) setelah kami mengumumkan jumlah kami, dan kami akan menjelaskan lebih lanjut tentang apa yang kami lakukan," katanya, menanggapi pertanyaan apakah Aramco akan menggunakan pendapatan yang meningkat karena harga minyak yang lebih tinggi untuk belanja modal atau dividen.

"Tapi yang pasti, alokasi modal lebih banyak untuk investasi kita," ujarnya.

Nasser mengatakan total investasi global di sektor minyak dan gas telah berkurang setengahnya sejak 2014 menjadi 350 miliar dolar AS.

"Anda telah melihat apa yang terjadi di Eropa saat ini dan sebagian Asia dalam hal harga energi menjadi sangat tinggi, berdampak pada pelanggan di seluruh dunia," katanya.


Baca juga: Saudi Aramco akan prioritaskan pasokan energi ke China selama 50 tahun


"Ini terutama karena strategi dan kebijakan yang membatasi investasi di sektor-sektor tertentu ... hanya menganjurkan dan mendukung energi terbarukan dan alternatif tanpa mencapai titik realisasi bahwa Anda perlu mendukung semua sumber energi dalam jangka panjang untuk memastikan bahwa ada pasokan yang cukup untuk mendukung pertumbuhan yang sehat."

Aramco menyelesaikan penawaran umum perdana terbesar di dunia pada akhir 2019, mengumpulkan 29,4 miliar dolar AS di bursa Riyadh.

Pejabat Saudi sebelumnya telah mengangkat kemungkinan menjual lebih banyak saham di Aramco.

Menanggapi pertanyaan apakah lebih lanjut saham Aramco akan dijual di Arab Saudi atau di luar negeri, Nasser mengatakan: "Ini adalah keputusan pemerintah ketika pemegang saham utama memutuskan apakah mereka ingin mencatatkan lebih banyak lagi saham Saudi Aramco."


Baca juga: Aramco minta perpanjangan satu tahun untuk pinjaman 10 miliar dolar
Baca juga: CEO Aramco prediksi permintaan minyak naik seiring pelonggaran kuncian

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2022